Siswi di Maumere Dilarang Ikut Ujian Gegara Tunggak Uang Sekolah Rp50 Ribu, Mama Tidak Punya Uang

Siswi di Maumere Dilarang Ikut Ujian Gegara Tunggak Uang Sekolah Rp50 Ribu, Mama Tidak Punya Uang

Terkini | ttu.inews.id | Jum'at, 19 April 2024 - 11:50
share

MAUMERE, iNewsTTU.id - Seorang siswi SMA bernama Dian di Maumere, NTT, tidak diperbolehkan mengikuti ujian akhir sekolah karena tunggakan uang sekolah sebesar Rp50.000. Video yang menunjukkan Dian duduk sendirian di depan sekolah saat ujian berlangsung pun viral di media sosial.

Video ini diunggah akun Instagram @ntt.update. Dalam unggahan tersebut menyematkan video saat Dian ditanya alasannya tidak masuk kelas ketika berlangsung ujian.

Terkendala uang sekolah. Lagi (kurang) Rp50.000," ujar Dian dalam video viral tersebut dikutip Jumat (19/4/2024). Dia mengaku sudah membicarakan hal ini kepada orang tuanya, namun sang ibu sedang tidak memiliki uang untuk membayar tunggakan sebesar Rp50.000.

Selain Dian, puluhan siswa lain di sekolahnya juga mengalami nasib serupa. Mereka dilarang mengikuti ujian karena tunggakan uang sekolah dan belum menyelesaikan tugas karya ilmiah.

Kisah Dian ini menuai simpati dari banyak netizen. Melalui media sosial, banyak yang menawarkan bantuan untuk melunasi tunggakan Dian agar dia bisa mengikuti ujian.

Beberapa netizen bahkan meminta nomor telepon Dian atau pihak sekolah untuk membantu melunasi tunggakannya. Ada juga yang menyindir pihak sekolah karena dianggap tidak bijaksana dalam menangani masalah ini.

Kasus ini menjadi pengingat bagi kita semua tentang pentingnya akses pendidikan yang adil dan terjangkau bagi semua anak. Tidak seharusnya seorang anak kehilangan haknya untuk mengikuti ujian hanya karena masalah keuangan.

Topik Menarik