Student Exchange, Dua Mahasiswi Asal Belanda Ikuti Pembelajaran di FK UGJ

Student Exchange, Dua Mahasiswi Asal Belanda Ikuti Pembelajaran di FK UGJ

Travel | BuddyKu | Senin, 5 Juni 2023 - 17:53
share

CIREBON - Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, khususnya Fakultas Kedokteran kehadiran dua mahasiswi mancanegara, mereka adalah Julia Verboeket dan Marieke Zwolsman dari Radboud University Nijmegen, Belanda.

Keduanya sedang mengikuti program student exchange atau pertukaran pelajar.

Wakil Dekan III FK UGJ, dr. Ahmad Fariz Malvi Zamzam Zein, SpPD., FINASIM., FACP menjelaskan, program tersebut awalnya diinisiasi pada saat UGJ ada kunjungan kolaborasi ke Belanda.

"Dari situ ada kajian lebih lanjut, saat itu kami menawarkan ada program study exchange di bidang kedokteran tropis dan kesehatan maternal," jelas dr Fariz, Senin (5/6/2023).

Dua mahasiswi asal Belanda di FK UGJ Cirebon
Dua mahasiswi asal Belanda di FK UGJ Cirebon(Hasan/dialog Indonesia/)

Akhirnya, lanjut dr Fariz, dalam proses pengkajian lebih lanjut, jadi ada fokus tersendiri. Kemudian dimulai pertukaran pelajar ke Cirebon.

Dalam kegiatannya di Cirebon, dua mahasiswi tersebut akan ada di beberapa departemen, antara lain departemen penyakit dalam, anak, microbiologi klinis dan maternal.

"Nanti ada juga pembelajaran kedokteran komunitas atau di puskesmas. Masing-masing sesi itu sekira empat minggu," jelasnya.

Kalau di rumah sakit, nanti ada di unit rawat jalan, rawat inap dan IGD. Akan menerima pembelajaran juga dari ruang bersalin.

"Di puskesmas itu ada pembelajaran poliklinik dan kesehatan masyarakat, misalkan imunisasi dan fogging DBD, itu mereka dilibatkan juga," ucapnya.

Ikut kuliah, dua mahasiswi asal Belanda di Kampus FK UGJ
Ikut kuliah, dua mahasiswi asal Belanda di Kampus FK UGJ(Hasan/dialog Indonesia/)

Mereka, kata dr Fariz, ada konsen rotasi klinis di negara berkembang dan Indonesia adalah salah satu program tersebut.

"Di Indonesia selain Cirebon itu ada Semarang," jelasnya.

Harapannya, akan ada keberlanjutan. "Ini program terakhirnya mereka, mereka menyelesaikannya di Cirebon melalui UGJ," tandasnya.*** (Adv)

Topik Menarik