5 Tempat Wisata di Jakarta yang Tetap Asyik Dikunjungi Meski Musim Hujan

5 Tempat Wisata di Jakarta yang Tetap Asyik Dikunjungi Meski Musim Hujan

Travel | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 06:16
share

MUSIM hujan membuat sebagian orang malas untuk liburan. Ternyata, ada beberapa tempat wisata di Jakarta yang tetap asyik dikunjungi meski lagi musim hujan.

Tempat wisata di Jakarta ini bisa jadi rekomendasi Anda untuk liburan saat musim hujan. Selain tidak akan basah kuyup, beberapa tempat ini juga menyenangkan dan diantaranya kaya akan sejarah.

Berikut 5 tempat wisata di Jakarta yang cocok dikunjungi saat musim hujan.

1. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta jadi spot menarik bagi wisatawan, karena kawasan ini menjadi bagian dari sejarah di Indonesia. Di sini Anda akan mendapatkan berbagai spot menarik, di mana dikelilingi oleh bangunan-bangunan tua bersejarah.

Ilustrasi

Kota Tua Jakarta (Okezone.com)

Lokasinya berada di kawasan Jakarta Barat. Selain spot bangunan tua yang menarik dan ikonik, Anda juga bisa menemukan berbagai kuliner lezat seperti kerak telor, kue pancong, ketoprak, dan jajanan lainnya.

2. Museum Fatahillah

Kemudian ada Museum Fatahillah atau dengan nama lain Museum Sejarah Jakarta. Lokasinya berada di kawasan Kota Tua Jakarta, jalan Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat. Apalagi lebih menarik, setelah dibasahi hujan suasananya akan terasa beda

Luas daro Museum Fatahillah luasnya lebih dari 1.300 meter persegi. Dulunya museum ini adalah Balai Kota Batavia yang dibangun pada tahun 1707-1712 atas perintah Gubernur-Jenderal Joan Van Hoorn.

Ilustrasi

Museum Fatahillah (Okezone.com)

Jika diperhatikan bangunan ini menyerupai Istana Dam di Amsterdam. Terdiri dari bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat, serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara. Pada 30 Maret 1974, bangunan ini kemudian diresmikan sebagai Museum Fatahillah.

3. Museum Bank Indonesia

Masih berada di kawasan Kota Tua Jakarta, tepatnya berada di jalan Pintu Besar Utara No.3, Jakarta Barat.

Bangunan ini termasuk ke dalam cagar budaya peninggalan De Javasche Bank yang beraliran neo-klasikal, dipadu dengan pengaruh lokal, dan dibangun pertama kali pada 1828.

Di dalam museum ini, Anda akan mendapatkan berbagai informasi peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa.

Dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat di Nusantara, hingga terbentuknya Bank Indonesia pada 1953 dan kebijakan-kebijakannya.

4. Toko Merah

Jika jalan-jalan ke Kota Tua tak lengkap rasanya, apabila belum pernah mampir ke tempat satu ini. Toko merah namanya, merupakan bangunan yang berwarna merah yang usianya sudah sangat tua lho, kurang lebih telah ada sekitar 287 tahun.

Toko merah ini menjadi salah satu bangunan ikonik di Jakarta, dan tentunya Instagramable untuk para pemburu foto. Seluruh dinding dan ornamennya bewary merah, karena terbuat dari bahan material batu bata yang dicat dengan menggunakan warna merah marun.

Ilustrasi

5. Sea World Ancol

Ingin mengajak anak-anak bermain sambil mengenal hewan-hewan laut, Sea World Ancol bisa menjadi salah satu rekomendasinya. Apalagi saat musim hujan, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Sea World merupakan oceanarium yang terdapat dalam kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. Di sini, para pengunjung dapat mengenal berbagai macam biota laut dari tiga zona perairan, yaitu zona perairan tawar, zona perairan pesisir atau zona laut dangkal, dan zona perairan laut dalam.

Topik Menarik