Dispar NTB Optimis Satu Juta Wisatawan Akan Tercapai di Akhir Tahun

Dispar NTB Optimis Satu Juta Wisatawan Akan Tercapai di Akhir Tahun

Travel | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 08:00
share

PRAYA -Sektor pariwisata di Provinsi NTB mulai membaik. Kondisi itu terlihat dari angka hunian kamar penginapan. Tamu-tamu dari luar kini berwisata kembali ke daerah kita tercinta. Semoga tahun depan semakin baik lagi, harap Ketua Mandalika Hotel Association (MHA) Samsul Bahri pada Lombok Post , Jumat (2/12).

Terutama, kata Samsul, wisatawan asing dari berbagai negara di dunia. Apalagi, baru-baru ini ada rute kapal cepat yang dibuka di Pantai Kuta di Desa Kuta. Itu menyambung objek wisata di Pulau Dewata Bali, bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB Yusron Hadi mengatakan, per September tahun ini angka kunjungan wisatawan di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa mencapai 967 ribu orang. Dengan lama rata-rata menginap 2,2 hari. Dari angka itu, 126 ribu orang diantaranya penonton MotoGP yang digelar Maret lalu.

Kemudian 51 ribu orang saat World Superbike (WSBK) yang digelar November lalu. Sisanya, murni datang berwisata. Jadi, target 1 juta orang wisatawan di tahun ini kami pastikan tercapai, paparnya, terpisah.

Sebagai perbandingan, kata Yusron di tahun 2021 lalu jumlah kunjungan wisatawan sendiri mencapai 964 ribu orang dengan lama menginap 2,23 hari. Berikutnya, tahun 2020 atau saat puncak pandemi Covid-19 turun drastis menjadi 459 ribu orang, dengan lama menginap 1,9 hari.

Kemudian, di tahun 2019 lalu mencapai 3,7 juta orang dengan lama menginap 2,05 hari. Tahun depan, kita targetkan kondisi pariwisata daerah sudah normal, bangkit dan pulih. Apalagi, tahun depan banyak event-event dunia yang digelar di KEK Mandalika, tambah VP Site Operation The Mandalika I Made Pari Wijaya.

Diantaranya, WSBK yang dijadwalkan akan digelar 3-5 Maret mendatang. Kemudian, Eco Shell Marathon 1-10 Juli hingga MotoGP yang direncanakan digelar 10-12 Oktober mendatang. (dss/r5)

Topik Menarik