Tiga Guncangan yang Dihadapi Dunia Global Ini Bakal Berdampak ke Indonesia

Tiga Guncangan yang Dihadapi Dunia Global Ini Bakal Berdampak ke Indonesia

Travel | BuddyKu | Sabtu, 3 Desember 2022 - 18:50
share

BUKAMATA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan guncangan demi guncangan bakal terus terjadi dan menghantam seluruh dunia. Beruntung, beberapa guncangan sudah diprediksi karena polanya sudah terlihat.

Dengan persiapan yang matang, maka resiko dari guncangan tersebut dapat diminimalisir. Dia mengatakan, relevansinya sangat besar terhadap perekonomian global, dan tentunya terhadap posisi Indonesia.

Dengan adanya fragmentasi geopolitik, maka peta dari investasi dan bahkan perdagangan menjadi berubah. Hal tersebut dikarenakan konsep mengenai supply chain tidak hanya mencari tempat yang dianggap paling murah dan efisien, tetapi juga ditambah kriteria apakah negara tersebut adalah teman atau non teman.

"Ini yang menimbulkan banyak perubahan yang tentu akan berimbas kepada perekonomian kita, karena perekonomian kita selain posisi secara geografis di ASEAN sebagai yang terbesar, termasuk dalam G20 di dunia, pasti juga akan memberi dampak maupun menerima dampak dari perekonomian global," tutup Sri Mulyani.

Guncangan Pertama, kata Ani, sapaan Sri Mulyani seperti pandemi ini dianggap bukan pandemi yang terakhir.

"Kemungkinan akan muncul siklus pandemi yang akan datang, dan itu harus diantisipasi," ujar Sri dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin 2022 di Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Sri menyebutkan bahwa yang kedua adalah perubahan iklim. Semua mengatakan bahwa dunia terus berada dalam trayektori kenaikan suhu, maka ini akan memberikan dampak perubahan musim yang kemudian berdampak signifikan terhadap perekonomian dan keuangan.

"Yang ketiga, geopolitik. Dari sisi geopolitik ini, dalam tiga dekade, dunia selama ini kerjasama global antar negara tidak dipilah-pilah antara dia blok barat atau blok G27, atau blok non barat, sekarang ini terjadi fragmentasi di dalam geopolitik," ucap Sri.

Topik Menarik