Unik, Warga Gunungkidul Gelar Upacara Kemerdekaan di Tengah Sungai Berhadiah Kambing

Unik, Warga Gunungkidul Gelar Upacara Kemerdekaan di Tengah Sungai Berhadiah Kambing

Travel | BuddyKu | Rabu, 17 Agustus 2022 - 10:55
share

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 diperingati warga dengan menggelar upacara bendera. Seperti yang dilakukan warga Dusun Pulutan, Desa Pulutan, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul.

Upacara ini cukup unik dan lain dengan upacara pada umumnya. Warga menggelar upacara di tengah Sungai Pulutan dengan kedalaman di atas satu meter. Tak hanya itu, warga juga mengenakan pakaian Jawa dan ada hadiah dua ekor kambing.

Ini merupakan cara kami untuk meningkatkan kecintaan terhadap tanah air. Dengan upacara di tengah sungai, kami ingin menjaga ekosistem sungai yang menjadi penopang perairan warga, ujar Ketua Panitia Alexander Puji lestanto, Rabu (17/8/2022).

Puncak peringatan ini ditandai dengan pengibaran bendera Merah Putih di tengah sungai. Peserta juga menyanyikan lagu Indonesia Raya dan berbagai lagu-lagu nasional lainnya.

Menurutnya, dalam upacara ini juga disediakan 150 doorprize dengan hadiah utama berupa dua ekor kambing. Semuanya merupakan hasil swadaya warga secara patungan.

Kami ingin semua warga bisa kembali menjaga ekosistem sungai sebagai sumber kehidupan warga Pulutan, katanya.

Peserta upacara Agustinus Dinar mengatakan, ada sensasi tersendiri dalam upacara ini. Peserta harus menahan rasa dingin karena kaki dan badan terendam air dengan kurun waktu hingga satu jam.

Lumayan dingin karena harus berendam hingga satu jam dan tidak bisa bergerak, ujarnya.

Upacara bendera pada 17 Agustus sudah rutin dilaksanakan warga. Namun dua tahun lalu terhenti akibat pandemi Covid-19. Seiring kasus yang semakin mereda, upacara kembali dilaksanakan.

Topik Menarik