Dapat Jaminan PBB, Kapal Kargo Ukraina Pengangkut Jagung Merapat di Pantai Suriah

Dapat Jaminan PBB, Kapal Kargo Ukraina Pengangkut Jagung Merapat di Pantai Suriah

Travel | BuddyKu | Senin, 15 Agustus 2022 - 04:54
share

IDXChannel - Kapal kargo pertama yang berangkat dari Ukraina di bawah kesepakatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dikabarkan berada di dekat pelabuhan Tartous, Suriah, pada Minggu 14 Agustus 2022. Kapal tersebut mengangkut sebanyak 26.000 ton jagung.

Kapal berjenis bulk carrier bernama Razoni ini mengangkut ekspor komoditas jagung, yang berlayar dari sebuah pelabuhan Odesa, Ukraina pada 1 Agustus 2022 di bawah kesepakatan Moskow dan Kiev, yang ditengahi oleh PBB dan Turki.

Sebanyak 26.000 ton jagung awalnya ditujukan untuk Lebanon, yang telah menderita krisis ekonomi. Namun, sejumlah pembeli menolak karena masalah kualitas, sehingga kapal berlayar menuju Turki, lalu berlabuh di Kota Mersin pada 11 Agustus 2022. Saat ini kapal

Kedutaan Ukraina di Lebanon belum memberikan komentar terkait tujuan kapal tersebut selanjutnya. Demikian laporan Reuters, Minggu (14/8/2022).

Sebelumnya, Ukraina menuduh Suriah mengimpor setidaknya 150.000 ton biji-bijian yang dikatakan dijarah dari gudang Ukraina setelah agresi militer Rusia pada Februari.

Ukraina juga memutuskan hubungan diplomatik dengan Suriah pada Juni setelah Damaskus mengakui kemerdekaan wilayah timur Luhansk dan Donetsk.

Ekspor biji-bijian Ukraina telah dibuka atas jaminan PBB dan Turki. Sebelumnya kapal kargo Fulmar-S yang membawa 12 ribu ton gandum telah meninggalkan Pelabuhan Chornomorsk, Ukraina, pada Sabtu (13/8).

Seorang pejabat PBB mengatakan pengiriman biji-bijian akan terus berlanjut. Kapal MV Brave Commander yang disewa PBB akan kembali berlayar dari Ukraina ke Afrika dalam beberapa hari mendatang setelah selesai memuat lebih dari 23.0000 ton gandum dari pelabuhan Pivdennyi, Ukraina. ( RRD )

Topik Menarik