Beroperasi Tak Berizin, 1 Agen Travel Umrah di Soreang Bandung Disegel

Beroperasi Tak Berizin, 1 Agen Travel Umrah di Soreang Bandung Disegel

Travel | BuddyKu | Selasa, 9 Agustus 2022 - 11:33
share

BANDUNG, iNews.id - Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung menyegel satu agen travel umrah yang berkantor di kawasan Soreang. Kantor agen tersebut diketahui tidak mengantongi izin dalam menjalankan operasinya.

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Bandung Ishak Asnawi menyebut temuan adanya agen travel umrah ilegal yang memiliki kantor di Soreang itu hasil dari pengawasan timnya saat terjun ke lapangan.

Dari pemeriksaan travel umrah ini sudah beroperasi sekitar 1 tahunan. Dan sudah 4 kali memberangkatkan para jemaah. Tapi mereka tidak bisa menunjukan izin saat kami datangi, kata Ishak, Selasa (9/8/2022).

Saat disinggung nama agen travel ilegal itu, Ishak mengatakan data ada di bawahannya. Kendati begitu dirinya memastikan agen nakal tersebut telah ditindak oleh Kemenag Kabupaten Bandung telah sesuai regulasi.

Pada prinsipnya setiap travel haji maupun umrah, wajib berizin termasuk sebelum mengiklankan melalui spanduk-spanduk atau sarana lainnya. Bila ada yang tak patuh aturan jelas bakal kami tutup, tuturnya.


Lebih jauh, Ishak mengimbau masyarakat selektif memilih agen travel mengingat saat ini Pemerintah Arab Saudi sudah membuka ibadah umrah. Hal itu, demi mencegah jadi korban dari praktik nakal para agen umrah.

Pastikan travelnya berizin, pastikan hotel dan jadwal penerbangannya. Jangan tergiur umrah murah dan lainnya. Masyarakat bisa konsultasi ke Kemenag untuk mengecek soal legalitas travel umrah, ucap Ishak.

Topik Menarik