Hari ASI Sedunia 2022: Intip Sejarah dan Tujuan Memperingatinya

Hari ASI Sedunia 2022: Intip Sejarah dan Tujuan Memperingatinya

Travel | BuddyKu | Senin, 1 Agustus 2022 - 20:21
share

JAKARTA, iNews.id - Hari ini, Senin (1/8/2022) diperingati sebagai Hari ASI Sedunia 2022. Begini sejarah serta tujuan memperingatinya yang perlu kamu ketahui.

Hari ASI Sedunia atau Pekan ASI Sedunia (World Breastfeed Week) akan berlangsung selama satu minggu, yakni mulai 1 Agustus hingga 7 Agustus. Setiap tahunnya, Pekan ASI Sedunia akan mengangkat tema yang berhubungan dengan kesehatan ibu dan anak.

Contohnya adalah tentang perempuan dan pekerjaan, perawatan kesehatan, pemasaran, ekonomi, dan masih banyak yang lainnya.

Menurut worldbreastfeedingweek.org, menyatakan tema pada Hari ASI Sedunia 2022 kali ini adalah Menyusui adalah Kunci dalam Menentukan Strategi Pembangunan Berkelanjutan Pasca Pandemi.

Selengkapnya, berikut ini sejarah dan tujuan memperingati Hari ASI Sedunia 2022.

Hari ASI Sedunia 2022

1. Sejarah Hari ASI Sedunia

Pekan ASI Sedunia atau Hari ASI Sedunia adalah gerakan menyusui secara global yang mendukung para ibu agar dapat menyusui di mana saja dengan nyaman. Kegiatan dimulai secara aktif sejak 1992 dengan tema yang berbeda setiap tahunnya.

Pekan ASI Sedunia bermula dari dari gagasan organisasi World Alliance for Breastfeeding Action (WABA) pada 14 Februari 1991.

Gagasan ini lahir seiring dicetuskannya Innocenti Declaration yang diresmikan oleh WHO, UNICEF, pemerintah dari beberapa negara, serta sejumlah organisasi lainnya.

Innocenti Declaration ini bertujuan untuk melindungi, mendukung, sekaligus mempromosikan gerakan menyusui. Deklarasi ini diperingati dalam World Breastfeed Week (WBW) atau Pekan ASI Sedunia pada tanggal 1-7 Agustus.

Kemudian mulai tahun 2016, WBW diselaraskan dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Selanjutnya pada 2018, resolusi Majelis Kesehatan Dunia mengesahkan WBW sebagai strategi promosi menyusui yang penting.


2. Tujuan Perayaan Hari ASI Sedunia

Pekan ASI Sedunia merupakan salah satu kampanye bersama yang dilakukan oleh WHO dan UNICEF. Melalui peringatan ini, WHO merekomendasikan para ibu untuk menyusui anaknya hingga berusia dua tahun.

Mengutip Awareness Days, Pekan ASI Sedunia ini bertujuan untuk menyoroti manfaat besar yang dapat diberikan ASI bagi kesehatan dan kesejahteraan bayi, serta dorongan yang lebih luas untuk kesehatan ibu, dengan fokus pada nutrisi yang baik, pengurangan kemiskinan dan ketahanan pangan.

Acara ini diselenggarakan setiap tahun oleh World Alliance for Breastfeeding Action (WABA), sebuah jaringan global yang bertujuan untuk melindungi, mempromosikan dan mendukung gerakan menyusui di seluruh dunia.

Sepanjang jalan, WABA bekerja sama dengan WHO dan UNICEF untuk memberikan bantuannya kepada orang yang tepat di komunitas yang tepat.

Demikian ulasan singkat iNews.id tentang Hari ASI Sedunia, mulai dari sejarah hingga tujuan perayaannya. Selamat memperingati Hari ASI Sedunia 2022.

Topik Menarik