Banjir dan Longor di Gunung Tambaga Pulau Seram, 7 Penambang Ilegal Tertimbun

Banjir dan Longor di Gunung Tambaga Pulau Seram, 7 Penambang Ilegal Tertimbun

Travel | BuddyKu | Rabu, 6 Juli 2022 - 11:47
share

AMBON, iNews.id - Banjir dan longsor terjadi di lokasi penambangan liar batu sinabar di Gunung Tambaga, Desa Luhu, Kecamatan Huamual, Pulau Seram, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku. Dalam peristiwa ini, tujuh penambang ilegal tertimbun, empat sudah ditemukan dalam kondisi dua orang tewas dan tiga hilang.

Kapolres SBB AKBP Dennie Andreas Dharmawan mengatakan, bencana longsor ini terjadi akibat curah hujan tinggi sejak Senin hingga Selasa (5/7/2022) malam. Selain longsor juga terjadi banjir.

Ya benar, para korban penambang ilegal Batu Sinabar di sana, ujar Kapolres, Selasa (5/7/2022) malam.

Dia mengatakan, saat ini korban yang sudah ditemukan atas kejadian tersebut baru empat orang korban. Mereka sudah dievakuasi dan dipulangkan ke keluarga masing-masing.

Empat yang sudah ditemukan. Ada yang langsung dimakamkan di Hulung dan ada yang dibawa ke Ambon. Korban yang meninggal dan sudah ditemukan dua orang. Korban selamat juga dua orang, katanya.

Sementara para korban yang belum ditemukan dan masih dalam pencarian sebanyak tiga orang. Identitasnya yakni Abdul Rahman Samal (58) asal Desa Kawa, SBB dan dua anak kembar (9) putra dari Abdul Rahman.

Selain itu, korban yang meninggal akibat terbawa banjir dan masih dalam pencarian atas nama Sajir Basir (43) asal Dusun Ani, Desa Loki, Kecamatan Huamual, Kabupaten SBB.

Sementara korban banjir yang selamat sebanyak dua orang asal Dusun Ani dan sudah dibawa langsung kembali menggunakan longboat.

Kejadian ini terjadi pada pukul 00.15 WIT yang bermula dari meluapnya air sungai-sungai kecil. Kemudian tanah longsor akibat oleh curah hujan tinggi.

Saat ini Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama masyarakat masih mencari para korban. Kejadian ini sudah dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten SBB.

Diketahui, Batu Sinabar merupakan salah satu jenis batuan mineral yang dapat menghasilkan jenis logam merkuri dengan rumus kimia HgS yaitu merkuri II sulfida.

Topik Menarik