Loading...
Loading…
7 Ciri Negara Maju Wajib Tahu, Apa Kabar Indonesia?

7 Ciri Negara Maju Wajib Tahu, Apa Kabar Indonesia?

Powered by BuddyKu
Travel | Okezone | Selasa, 28 Juni 2022 - 02:10

NEGARA di dunia ini dikelompokkan menjadi berbagai macam, mulai negara miskin, negara maju dan negara berkembang.

Adapun tolak ukur yang digunakan Bank Dunia untuk menentukan mana yang termasuk negara maju dan negara berkembang bisa dilihat berdasarkan standar atau indikator tertentu.

Definisi negara maju sendiri merupakan bangsa yang memiliki peringkat sangat tinggi dalam hal standar di bidang teknologi, pengetahuan dan ekonomi yang ditopang semuanya dalam inovasi dan sifatnya yang merata. Negara yang memiliki Human Development Index (HDI) dan PNB tinggi dianggap sebagai negara maju.

Negara dengan angka pengangguran rendah, pendapatan perkapita tinggi hingga tingginya laju pertumbuhan Iptek serta sistem pendidikan modern menjadi di antara ciri suatu negara bisa dikatakan maju. Berikut 7 ciri negara maju sebagaimana dihimpun MNC Portal dari berbagai sumber.

1. Pendapatan perkapita tinggi

Salah satu ciri suatu negara maju adalah memiliki pendapatan perkapita tinggi. Pendapatan perkapita ialah berapa pendapatan yang berhasil dicapai oleh rata-rata penduduk selama setahun. Bank dunia sendiri menetapkan standar bahwa minimal USD10.726 (Rp158 juta) setahun untuk negara maju.

Baca Juga :
Apa Arti Wibu? Ketahui Pengertian, Ciri-Ciri, dan Perbedaannya dengan Otaku, yuk!

2. Angka pengangguran rendah

Rendahnya angka pengangguran juga menjadi salah satu ciri dari negara maju. Perlu adanya keseimbangan antara jumlah lapangan kerja dan jumlah pekerja sehingga suatu negara bisa dikatakan maju.

Bila jumlah lapangan pekerjaan lebih banyak ketimbang jumlah pekerja, maka perekonomian suatu negara takkan bisa tumbuh maksimal. Begitupun jika jumlah pekerja melampaui jumlah lapangan pekerjaan maka memicu naiknya angka pengangguran.

3. Pendidikan baik dan merata

Suatu negara bisa dikatakan maju juga jika mayoritas penduduknya mahir membaca dan menulis. Kebutuhan akan pendidikan jelas menjadi tanggung jawab pemerintah suatu negara terhadap rakyatnya di samping juga memberikan fasilitas yang memadai.

4. Pesatnya kemajuan teknologi

Pesatnya perkembangan teknologi juga masuk dalam indikator penilaian negara maju atau tidak. Sebut saja Jepang, Korea Selatan dan China yang punya perkembangan Iptek sangat pesat di benua Asia.

Pemerintah negara maju selalu memberikan dukungan berupa fasilitas dan dana bagi para ilmuwannya. Ilmuwan di negara maju akan mendapatkan gaji tinggi sehingga mereka semangat dan melakukan inovasi terus menerus.

Baca Juga :
Kalimat Simpleks: Pengertian, Ciri-ciri, Contoh dan Bedanya dengan Kompleks

Original Source

Topik Menarik

{