Perjalanan Karir Jokowi hingga Jadi Presiden Indonesia

Perjalanan Karir Jokowi hingga Jadi Presiden Indonesia

Travel | BuddyKu | Senin, 27 Juni 2022 - 21:30
share

JAKARTA - Perjalanan karir Jokowi hingga jadi Presiden Indonesia. 61 tahun yang lalu tepatnya di Rumah Sakit Brayat Minulyo, Solo, Jawa Tengah lahir seorang anak laki-laki.

Anak tersebut lahir dari rahim seorang ibu bernama Sujiatmi dan ayah Wijiatno Notomiharjo. Anak itu adalah Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia.

Joko Widodo atau Jokowi lahir dan dibesarkan di Kota Solo, Jawa Tengah. Ia merupakan anak sulung dari empat bersaudara, dan menjadi satu-satunya anak laki-laki dalam keluarga sebab ketiga adiknya perempuan.

Keluarga Jokowi sama seperti keluarga pada umumnya. Ibu dan bapaknya bukan keturunan ningrat melainkan keduanya bekerja keras untuk membesarkan anak-anaknya.

Masa Kecil yang Penuh Perjuangan

Kondisi ekonomi yang sulit membuat Jokowi bersama keluarganya harus berpindah-pindah rumah kontrakan. Hal itu dilakukan agar mampu membayar sewa rumah.

Kala ia duduk di bangku sekolah dasar, Jokowi telah menjadi seorang kuli panggul, ojek payung dan pedagang. Semua ia lakukan untuk membiayai kebutuhan sekolahnya hingga makan sehari-hari.

Saat usia 12 tahun, Jokowi memutuskan untuk bekerja di perusahaan kayu sebagai tukang gergaji. Keahlian tersebut didapatnya dari sang ayah yang juga berprofesi sebagai tukang kayu.

Topik Menarik