Bangkai Kapal Terdalam di Dunia `Sammy B`, Ditemukan

Bangkai Kapal Terdalam di Dunia `Sammy B`, Ditemukan

Travel | BuddyKu | Sabtu, 25 Juni 2022 - 16:24
share

MANILA - Penjelajah telah menemukan bangkai kapal terdalam yang pernah diidentifikasi, kapal perusak pengawal angkatan laut Amerika Serikat (AS) yang tenggelam selama Perang Dunia II.

USS Samuel B Roberts jatuh selama Pertempuran Samar di Laut Filipina pada Oktober 1944. Kapal itu terletak di perairan 6.895m.

Pemodal dan petualang Texas, Victor Vescovo, yang memiliki kapal selam selam dalam, menemukan "Sammy B" dalam kondisi rusak tetapi sebagian besar masih utuh.

Kapal ini terkenal karena aksi terakhirnya yang heroik melawan Jepang.

Kalah jumlah dan senjata, ia berhasil menahan dan membuat frustrasi beberapa kapal musuh sebelum akhirnya jatuh.

Dari 224 awak Samuel B Roberts, 89 tewas. 120 orang yang selamat berpegangan pada rakit penyelamat selama 50 jam menunggu penyelamatan.

Vescovo, seorang tentara cadangan angkatan laut pada masanya, mengatakan itu adalah suatu kehormatan yang luar biasa untuk menemukan kapal yang hilang dan dengan demikian memiliki kesempatan untuk menceritakan kembali kisah yang menakjubkan tentang kepahlawanan dan tugas.

"Kami ingin mengatakan bahwa baja tidak berbohong dan bangkai kapal ini adalah saksi terakhir pertempuran yang mereka perjuangkan," katanya kepada BBC News .

Sammy B menyerang kapal penjelajah berat Jepang pada jarak dekat dan menembak begitu cepat sehingga amunisinya habis; harus menembakkan peluru asap dan peluru penerangan hanya untuk mencoba membakar kapal Jepang, dan terus menembak. hanya tindakan kepahlawanan yang luar biasa. Orang-orang itu - di kedua sisi - berjuang sampai mati."

Topik Menarik