Loading...
Loading…
5 PO Bus Legendaris di Sumatera, Ada Andalanmu?

5 PO Bus Legendaris di Sumatera, Ada Andalanmu?

Powered by BuddyKu
Travel | Okezone | Jumat, 24 Juni 2022 - 11:17

TERDAPAT beberapa PO bus di Sumatera yang melegenda. Bahkan ada yang beroperasi sejak Indonesia belum merdeka zaman penjajahan Belanda.

Dirangkum MNC Portal, berikut deretannya:

1. Antar Lintas Sumatera (ALS)

Untuk yang sering berpergian dari Sumatera menuju Jawa ataupun sebaliknya pasti tidak asing lagi dengan PO bu Antar Lintas Sumatera atau ALS. Didirikan di Mandailing Natal Sumatera Utara pada 29 September 1966, ALS menjadi salah satu PO bus tertua di Indonesia. Bus ini terkenal sebagai penguasa jalur Sumatera-Jawa dan menjadi bus idola busmania ingin bepergian ke daerah. ALS terkenal dengan laju kendaraannya yang cepat. Tidak hanya itu, ALS juga dinobatkan sebagai bus yang memiliki trayek terjauh di Indonesia. Rute terjauh bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) ini adalah Medan-Jember dengan jarak tempuh sekitar 3.000 km. Waktu perjalanan yang dibutuhkan minimal satu minggu.

2. PMTOH

Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH) merupakan perusahaan otobus yang berasal dari Aceh. PO bus ini menjadi salah satu legenda transportasi di Sumatera. PMTOH menawarkan trayek terjauh AKAP hingga ke Pulau Jawa. PMTOH menjadi favorit karena menawarkan fasilitas yang nyaman kepada setiap penumpang. PMTOH sendiri telah berdiri sejak 1957. Untuk armada yang diandalkan PO PMTOH adalah bus dengan sasis Mercedes-Benz.

Baca Juga :
5 PO Bus Legendaris di Sumatera, Tertua Sudah Beroperasi Sejak Indonesia Belum Merdeka

Original Source

Topik Menarik

{
{
{