Bebas PMK, Ratusan Ekor Sapi Dikirim ke Samarinda

Bebas PMK, Ratusan Ekor Sapi Dikirim ke Samarinda

Travel | BuddyKu | Senin, 13 Juni 2022 - 22:27
share

PALU, celebrities.id - Badan Karantina Pertanian (BARANTAN) Palu berhasil mengirim sebanyak 262 ekor sapi ke Samarinda dengan menggunakan dua kapal kayu.

Ratusan ekor sapi ini dikirim setelah menjalani masa karantina 14 hari di Instalasi Karantina Hewan (IKH) milik Pertanian Palu.

Kepala Karantina Pertanian Palu, Amril yang turut hadir langsung memantau pemuatan sapi di IKH dan Pelabuhan muat Wani menuturkan, lalulintas hewan seperti sapi wajib melalui masa karantina selama 14 hari.

Hal ini didasarkan adanya kejadian PMK, sehingga masa karantina merupakan upaya pencegahan penyebaran PMK (penyakit mulut dan kuku) yang telah meluas di beberapa daerah Indonesia.

"Balai karantina akan terus kawal, agar Sulawesi Tengah nol kasus PMK dan tim teknis kami akan terus bekerja untuk pastikan itu. Serta tingkatkan kolaborasi pemangku kepentingan lain dalam upaya siaga PMK," ucap Amril.

Masa karantina yang dilakukan ini merujuk pada surat edaran kepala Badan Karantina Pertanian No.12950 tahun 2022 dan No.14213 tahun 2022 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap kejadian PMK.

Amril meminta masyarakat dan seluruh elemen yang terlibat, untuk bisa bersama menjaga Sulawesi Tengah tetap bebas dan aman dari PMK.

Karena wilayah Sulawesi Tengah ini sebagai salah satu wilayah penyangga IKN untuk kebutuhan daging, terlebih jelang hari raya kurban yang kurang sebulan lagi.

Topik Menarik