Ketika Alam Dan Manusia Tidak Bersinergi 3

Ketika Alam Dan Manusia Tidak Bersinergi 3

Travel | BuddyKu | Sabtu, 21 Mei 2022 - 06:04
share

Sudah pasti segala sesuatu itu mempunyai manfaat dan dapat dimanfaatkan oleh manusia. Alam raya ini sesungguhnya tidak lain adalah saudara kembar manusia sebagai sesama makhluk.

Genetik mereka mempunyai sumber yang sama. Istilah benda mati hanya ada dalam kamus manusia. Bagi Tuhan, tidak ada benda mati. Ini difahami dari berbagai ayat dalam Al-Quran, antara lain: Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun. (Q.S. al-Isra/17:44). Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia? Dan banyak di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya. Dan barangsiapa yang dihinakan Allah maka tidak seorangpun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki. (Q.S. al-Hajj/22:18).

Alam raya dan segala isinya ditundukkan untuk manusia, sebagaimana ditegaskan di dalam Al-Quran: Dan Dia menundukkan untukmu apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada- Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir. (Q.S. al-Jatsiyah/45:13). Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. Dan bintang-bintang itu ditundukkan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahami (nya). (Q.S. al-Nahl/16:12).

Topik Menarik