9 Cara Mengurangi Ketergantungan Gadget pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

9 Cara Mengurangi Ketergantungan Gadget pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Terkini | inews | Rabu, 10 April 2024 - 06:08
share

JAKARTA, iNews.id - Cara mengurangi ketergantungan gadget pada anak perlu diketahui. Apalagi bagi orang tua yang tidak ingin anaknya sibuk sendiri dengan gadgetnya.

Gadget memang menjadi barang yang sulit dilepaskan dari kehidupan digital seperti ini. Namun terlalu berlebihan bermain gadget tidak baik, apalagi bagi anak.

Penggunaan gadget bagi anak usia dini bagai mata pisau. Di satu sisi memberikan banyak manfaat, di sisi lain memberikan dampak berbahaya bagi pengembangan karakternya.

Ketergantungan gadget akan membuat anak lupa bersoalisasi dengan lingkungan sekitar, sehingga berdampak pada psikologis terutama krisis percaya diri anak. Saat anak kecanduan gadget, mereka akan gelisah saat dipisahkan dengan perangkatnya.

Selain yang disebutkan di atas, masih ada beberapa dampak buruk yang diakibatkan dari kecanduan gadget pada anak. Oleh karena itu, agar anak terhindar dari dampak buruk, berikut ini cara mengatasinya.

Cara Mengurangi Ketergantungan Gadget pada Anak

1. Batasi dan Awasi Penggunaan Gadget

Tentukan durasi dan jadwal untuk bermain game misalnya 1-2 jam dalam sehari. Awasi juga anak saat bermain gadget agar tidak mengakses konten pornografi atau kekerasan.

Jika gadget dilengkapi dengan fitur age-restricted, terapkan fitur untuk membantasi waktu dan jenis aplikasi atau tontonan yang bisa diakses oleh anak.

2. Jadi Contoh yang Baik

Dikutip dari situs Kemenkes, anak-anak adalah peniru ulung. Jika anak sering melihat orang tua bermain gadget hingga larut malam atau sambil main game, bukan tidak mungkin akan meniru tindakan itu.

3. Buat Aktivitas Menyenangkan Bersama Anak

Orang tua dapat dirancang aktivitas lain yang menyenangkan agar pikiran anak teralihkan. Ajak anak bersepeda atau lari pagi, memasak bersama, menggambar atau mewarnai bersama, atau berkebun di perkarangan rumah.

4. Tetapkan Wilayah Bebas Gadget di Rumah

Anda juga bisa terapkan wilayah bebas gadget di rumah. Misalnya ruang makan, ruang keluarga, atau kamar mandi. Jadi, saat berada di dalam ruangan siapaun tidak boleh menggunakan gadget, termasuk orang tua.

5. Beri Tahu Bahaya Menggunakan Gadget Terlalu Lama

Risiko yang ditimbulkan bisa terjadi risiko terjadinya obesitas atau sakit mata jika akan terlalu sering duduk main gadget dan jarang bermain di luar rumah.

Selain itu, jelaskan pada anak dengan bahasa yang mudah dipahami, gadget dan internet bisa menjadi tempat berbahaya untuknya.

6. Berikan Mainan Sesuai Usia Anak

Untuk anak usia 1-3 tahun, mainan yang cocok diberikan adalah mainan blok, puzzle, krayon, dan buku gambar. Usahakan tidak memarahi atau meneriaki saat anak sedang ngeyel.

7. Letakkan Gadget Sembarangan

Hindari meletakkan gadget sembarangan. Pastikan area kamar tidak anak bebas dari perangkat tersebut. Jika gadget dibutuhkan untuk urusan sekolah, awasi dan batasi penggunaannya seketat mungkin.

8. Bersikap Tegas dan Konsisten

Melepaskan anak dari gadget kesayangan dapat membuatnya tantrum. Anda harus tetap tegas untuk menerapkan aturan yang dibuat.

Ingat selalu tujuan Anda yakni mengatasi anak dari kecanduan gadget yang dapat menimbulkan berbagai efek negatif bagi masa depannya.

9. Minta Bantuan Tenaga Profesional

Coba konsultasi pada orang yang profesional seperti dokter atau psikologi anak. Coba berdiskusi dengan mereka dan minta saran pengasuh yang lebih baik.

Demikian cara mengurangi ketergantungan gadget pada anak. Selamat mencoba!

Topik Menarik