Evaluasi Contra Flow di Tol Jakarta-Cikampek, Polisi Siapkan Safety Car

Evaluasi Contra Flow di Tol Jakarta-Cikampek, Polisi Siapkan Safety Car

Terkini | inews | Selasa, 9 April 2024 - 12:05
share

JAKARTA, iNews.id - Kecelakaan maut di jalur Contra Flow KM 58 Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (8/4/2024) menjadi pelajaran penting bagi Polri dalam mengamankan arus mudik dan balik Lebaran. Evaluasi terus dimatangkan salah satunya dengan pengerahan safety car.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, mengatakan evaluasi dilakukan agar kecelakaan serupa tidak terulang kembali.

Safety car ini akan mengawal barisan kendaraan di jalur contra flow untuk menjaga kecepatan dan memastikan kelancaran arus lalu lintas.

"Nanti kita akan siapkan safety car, seperti di balapan. Kendaraan ini akan dikawal dan tidak ada yang boleh mendahului. Safety car ini membantu menjaga kecepatan agar sesuai rambu-rambu," kata Aan di Command Center KM 29, Selasa (9/4/2024).

Aan menegaskan batas kecepatan di jalur contra flow adalah 60 km/jam. Safety car akan memastikan semua kendaraan mematuhi batas kecepatan tersebut.

"Petugas akan bersiaga selama 24 jam mengawal safety car di sepanjang jalur Tol Transjawa," ujar Aan.

Sebelumnya, Aan Suhanan menegaskan bahwa pihaknya mengevaluasi terkait penerapan sistem contra flow di sepanjang jalur Tol Transjawa pada arus mudik lebaran 2024. Evaluasi tersebut dilakukan dengan meminta pendapat para ahli, terutama pasca-insiden kecelakaan maut di Tol Jakarta-Cikampek KM 58.

Topik Menarik