Apakah Wanita Boleh Iktikaf di Masjid?

Apakah Wanita Boleh Iktikaf di Masjid?

Terkini | okezone | Senin, 1 April 2024 - 10:01
share

APAKAH wanita boleh iktikaf di masjid? Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc menerangkan ada beberapa pendapat dari para ulama mengenai hukum Muslimah ikut iktikaf di masjid pada akhir Ramadhan.

Dilansir laman Rumaysho , Imam Syafii memakruhkan secara mutlak iktikaf wanita di masjid yang ada sholat jamaah. Beliau berdalil dengan haditshadits berikut ini.

Dari Aisyah radhiyallahu anha, ia berkata:

. .

Nabi Shallallahu alaihi wa sallam biasa beriktikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan. Aku mendirikan tenda untuk beliau. Kemudian beliau melaksanakan Sholat Subuh dan memasuki tenda tersebut. Hafshah meminta izin pada Aisyah untuk mendirikan tenda, Aisyah pun mengizinkannya. Ketika Zainab binti Jahsy melihat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam beriktikaf dalam tenda, ia meminta untuk didirikan tenda, lalu didirikanlah tenda yang lain. Ketika di subuh hari lagi Nabi Shallallahu alaihi wa sallam melihat banyak tenda, lantas beliau bertanya, Apa ini? Beliau lantas diberitahu dan beliau bersabda, Apakah kebaikan yang kalian inginkan dari ini? Beliau meninggalkan iktikaf pada bulan ini dan beliau mengganti dengan beriktikaf pada sepuluh hari dari bulan Syawal. (HR Bukhari nomor 2033)

Hadits tersebut menunjukkan bahwa wanita dimakruhkan beriktikaf kecuali di masjid rumahnya. Alasannya, jika wanita iktikaf di masjid umum, banyak nantinya yang melihat wanita tersebut.

Ibnu Abdil Barr berkata, Seandainya Ibnu Uyainah tidak menambah dalam hadits bab bahwa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam masih memberikan izin wanita untuk iktikaf di masjid, tentu iktikaf wanita di masjid yang ada jamaahnya menjadi tidak dibolehkan.

Topik Menarik