Respons Mengejutkan Federasi Sepakbola Israel Setelah Terancam Dicoret FIFA dari Keanggotaan

Respons Mengejutkan Federasi Sepakbola Israel Setelah Terancam Dicoret FIFA dari Keanggotaan

Terkini | okezone | Selasa, 21 Mei 2024 - 07:22
share

PRESIDEN Federasi Sepakbola Israel (IFA), Moshe Zuares, optimistis FIFA takkan mencoret mereka dari keanggotaan Federasi Sepakbola Dunia. Moshe Zuares meniliai, IFA selama ini tidak melanggar apa pun dalam aturan yang ditetapkan oleh FIFA maupun UEFA.

Medio pekan lalu ketika FIFA menggelar kongres tahunan di Bangkok, Thailand, presiden Federasi Sepakbola Palestina (PFA) Jibril Rajoub mengajukan proposal kepada FIFA. Proposal itu berisi permohonan agar FIFA mencoret Israel dari keanggotaan.

(Moshe Zuares (kanan) bersama presiden FIFA Gianni Infantino. (Foto: FIFA.com)

Permohonan itu diajukan atas aksi agresi militer Israel yang menyebabkan ribuan warga sipil Palestina meninggal dunia. Tak sampai di situ, Israel juga mengebiri hak para pesepakbola Palestina, hingga menghancurkan sejumlah fasilitas olahraga milik Palestina.

Karena itu, kabarnya FIFA akan mengadakan kongres darurat untuk menentukan nasib Israel, paling lambat pada Sabtu, 20 Juli 2024. Namun, Moshe Zuares tidak khawatir. Ia menilai IFA selama ini sesuai jalur dan tidak pernah membuat pelanggaran.

Sekali lagi, kami menghadapi upaya politik dan permusuhan yang sinis dari PFA, yang mana berupaya merugikan Israel, kata Moshe Zuares, Okezone mengutip dari DW.

IFA tidak pernah melanggar aturan yang ditetapkan FIFA maupun UEFA, kata Moshe Zuares di hadapan ratusan anggota FIFA di Bangkok, Thailand.

Topik Menarik