Bagaimana Cara Mengecek KIP Kuliah Sudah Cair atau Belum?

Bagaimana Cara Mengecek KIP Kuliah Sudah Cair atau Belum?

Terkini | okezone | Sabtu, 30 Maret 2024 - 07:38
share

JAKARTA - Bagaimana cara mengecek KIP Kuliah sudah cair atau belum? Saat ini dana bantuan KIP Kuliah untuk mahasiswa on going pada semester genap 2023/2024 sudah cair.

Dari akun Instagram resmi @puslapdik_dikbud, dana KIP Kuliah disalurkan ke 288.518 mahasiswa dengan anggaran Rp2,5 miliar

"Bantuan biaya hidup mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka pada semester gasal tahun akademik 2023/2024 sudah cair," tulis keterangan akun Instagram Puslapdik.

Lalu bagaimana cara mengecek KIP Kuliah sudah cair atau belum? Berikut ini ulasannya:

Mahasiswa KIP Kuliah dapat memperoleh informasi status tahapan pencairan di sistem KIP Kuliah https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ dengan menggunakan akun KIP Kuliah masing-masing.

KIP Kuliah Merdeka diutamakan untuk orang pertama dari keluarga miskin/rentan miskin yang punya potensi melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Tidak perlu khawatir melanjutkan studi ke perguruan tinggi di prodi unggulan dengan akreditasi terbaik karena dijamin pembiayaan pendidikan sampai lulus sesuai jangka waktu pemberian KIP Kuliah Merdeka, kata Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti.

Penerima KIP Kuliah Merdeka pada 2024 akan mendapatkan biaya pendidikan atau biaya kuliah yang dibayarkan langsung ke rekening perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup per bulan yang ditransfer langsung ke rekening mahasiswa.

Pada KIP Kuliah, bantuan biaya pendidikan atau Uang Kuliah Tunggal (UKT) disamaratakan, yakni sebesar Rp2,4 juta per semester.

Namun pada KIP Kuliah Merdeka, bantuan UKT disesuaikan dengan program studi (Prodi) yang dipilih serta akreditasi prodi tersebut.

Untuk Prodi dengan akreditasi C, bantuan UKT ditetapkan maksimal sebesar Rp2,4 juta, sementara untuk Prodi dengan akreditasi B maksimal sebesar Rp4 juta, dan prodi dengan akreditasi A ditetapkan maksimal Rp12 juta.

Topik Menarik