Pakai AI Canggih, Kamera Ini Tak Butuh Lensa untuk Memfoto

Pakai AI Canggih, Kamera Ini Tak Butuh Lensa untuk Memfoto

Teknologi | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 08:21
share

TEKNOLOGI Artificial Intelligence (AI) memang sudah banyak digunakan dalam peralatan elektronik, termasuk dalam kamera. Sudah banyak smartphone menggunakan AI untuk processing hasil jepretan kameranya agar terlihat lebih baik.

Nah, kini teknologi tersebut disematkan dalam kamera, seperti yang dilansir dari laman gadgetsnow. Tapi, salah satu keunikan kamera tersebut adalah, tidak menggunakan lensa sebagai teropong objek.

Cara kerja kamera sendiri yakni cahaya memasuki kamera lewat lensa dan mengenai sensor, atau film bila merupakan kamera film. Tapi bagaimana jadinya apabila tidak ada lensa pada sebuah kamera?

Kamera berteknologi AI tanpa lensa tersebut bernama Paragraphica. Kamera AI tersebut menyerupai kamera biasa namun terdapat seperti antena TV sebagai pengganti lensa.

Kamera tersebut menggunakan teknologi \'AI generatif\' baru untuk mengambil gambar berdasarkan geolokasi, waktu dan cuaca, tanpa memerlukan input apapun dari pengguna.

Jendela bidik pada kamera tersebut kabarnya menunjukan lokasi kamu saat ini secara real-time. Lalu, ketika kamu menekan pelatuk, maka kamera tersebut akan menghasilkan gambar skintigrafi berdasarkan lokasi tersebut.

Untuk diketahui, skintigrafi merupakan proses untuk membuat gambar (scan) tubuh bagian dalam, dan disini menggunakan sistem yang sama.

Paragraphica menggunakan Raspberry Pi4 Model B pada sisi perangkat keras, untuk membuat prompt dan menerima foto yang dihasilkan. Foto tersebut nantinya akan ditampilkan pada LCD layar sentuh, yang dipasang di dalam penutup cetakan 3D.

Seluruh komponen ditempatkan di dalam penutup yang memiliki desain vintage layaknya desain pada kamera Leica. Kamera yang tampak seperti kamera tradisional itu, pun memiliki tiga tombol fisik untuk menyesuaikan data dan parameter AI.

Tombol pertama menyesuaikan radius pemindaian, sementara tombol kedua untuk membuat seed noise. Sedangkan tombol ketiga untuk mengontrol skala panduan dan memengaruhi fokus.

Untuk cara kerjanya dari Paragraphica, kamera ini memiliki modul GPS yang menemukan lokasi pengguna saat ini dengan menggunakan Open Weather API, untuk menentukan kondisi cuaca setempat.

Kemudian, kamera tersebut juga menggunakan API untuk menemukan informasi tentang fitur geografis terdekat. Kamera ini bisa menyesuaikan radius pencarian kamu, gambar yang stabil, dan parameter yang mempengaruhi seberapa dekat gambar yang kamu ambil.

Hasilnya, yakni foto asli buatan AI akan mencerminkan realitas di sekitar kamu. Objek yang difoto mungkin terlihat luar biasa, jadi gambarnya tentu berbeda dengan kamera mirrorless atau kamera ponsel.

Kamera Paragraphica kabarnya diciptakan oleh Bjorn karman. Namun, kabarnya kamera tersebut masih menjadi miliknya sendiri, dan belum diproduksi untuk massal.