5 Cara Mengatasi HP Cepat Panas, Coba Turunkan Kecerahan Layar

5 Cara Mengatasi HP Cepat Panas, Coba Turunkan Kecerahan Layar

Teknologi | BuddyKu | Sabtu, 28 Januari 2023 - 12:22
share

JAKARTA, iNews.id - Pemilik smartphone tentu sering menjumpai permasalah di perangkatnya. Salah satunya perangkat cepat panas dan masalah ini bisa dialami segala jenis HP. Jadi bagaimana cara mengatasi HP cepat panas ini?

Smartphone cepat panas tentu saja dipengaruhi beberapa faktor. Namun, bukan berarti masalah semacam ini tidak bisa diatasi para penggunanya, apalagi caranya sebenarnya cenderung mudah.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

1. Matikan aplikasi yang tidak digunakan

Menjalankan aplikasi terlalu banyak di latar beelakang dapat menyebabkan HP bekerja sangat keras. Pada akhirnya membuatnya menjadi panas. Solusi pertama yang dapat dicoba pengguna adalah mematikan aplikasi yang tidak terpakai dan gunakan aplikasi penting lainnya.

2. Selalu update software

Coba update software untuk memperbaiki bug yang ada di perangkat yang dapat meningkatkan efisiensi HP. Artinya, HP akan bekerja lebih ringan sehingga suhunya menjadi lebih dingin.

3. Gunakan charger ori

Supaya lebih aman dalam menggunakan smartphone, sabaiknya gunakan charger dari pabrikan sesuai HP dengan spesifikasi yang kompatibel. Jika tidak, maka ini akan menyebabkan panas berlebih saat hp sedang dicas.


4. Turunkan kecerahan layar

Kecerahan layar yang tinggi akan memaksa baterai bekerja lebih keras dan menghasilkan lebih banyak panas. Coba turunkan kecerahan layar dan pertimbangkan untuk mempersingkat durasi batas waktu layar agar layar tidak menyala dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Selain itu, gunakan pelindung layar antiglare. Karena dapat membantu melihat layar di bawah sinar Matahari lebih mudah, sehingga Anda tidak perlu menaikan kecerahan layar.

5. Hindari sinar matahari langsung

Cara terakhir untuk mencegah hp panas adalah dengan menjauhkannya dari sinar matahari langsung. Ini karena hp akan menangkap cahaya dan panas dari matahari, semakin lama hp berada di bawah sinar matahari, maka suhunya akan semakin panas.

Topik Menarik