Kenalan dengan Kelelawar Putih Honduras: Kecil, Imut, Berbulu, dan Bisa Membuat Tenda

Kenalan dengan Kelelawar Putih Honduras: Kecil, Imut, Berbulu, dan Bisa Membuat Tenda

Teknologi | sindonews | Jum'at, 26 April 2024 - 11:17
share

Kelelawar biasanya dikenal menakutkan, bahkan menjijikan. Tapi, kelelawar putih asal Honduras ini sedikit beda. Ukurannya kecil, imut, berbulu, dan punya kemampuan aneh: bisa membuat tenda. Tiga ekor kelelawar putih kecil tampak berada di tengah daun hijau besar. Daun lain menggantung di atas mereka seperti tenda. Kelelawar ini menggigit daun di titik yang tepat, sehingga jatuh menjadi tenda. Tujuannya, untuk menyembunyikan mereka dari pemangsa.

Ketiganya adalah kelelawar asal Honduras, yang memiliki banyak perbedaan dibandingkan spesies kelelawar lainnya.

Mamalia terbang ini memang memiliki keanekaragaman spesies yang luar biasa di dunia. Misalnya, kelelawar kepala martil yang sangat besar dan memakan buah-buahan. Ada juga kelelawar yang ditemukan kawin tanpa penetrasi.

Di hutan hujan Honduras, ada sekelompok kecil kelelawar putih Honduras yang membangun tenda mereka sendiri.

Di mana habitat kelelawar putih Honduras?

Kelelawar putih Honduras memiliki nama ilmiah Ectophylla alba dan terdaftar oleh IUCN Red List sebagai spesies yang Hampir Terancam. Mereka memiliki panjang rata-rata hanya 3,7 hingga 4,7 sentimeter (1,5-1,9 inci) dan berat hanya sekitar 6 gram (0,2 ons), menurut Rainforest Alliance. Mereka hanya ditemukan di Amerika Tengah di Honduras, Kosta Rika, Nikaragua, dan Panama. Kelelawar putih Honduras adalah bagian dari keluarga Phyllostomidae yang berisi 17 spesies, delapan di antaranya secara eksklusif hinggap di tenda yang terbuat dari daun. Untuk membuat tenda, kelelawar ini menemukan daun yang sesuai – milik tanaman genus Heliconia – untuk diubah, sehingga menjuntai dan membentuk rumah yang sempurna bagi keluarga kelelawar berbulu putih untuk berkumpul dan bersembunyi dari pemangsa. Kelelawar ini tinggal dalam kelompok yang terdiri dari dua hingga 15 individu, biasanya ibu dan keturunannya, serta kelelawar dewasa lain yang tidak berkerabat. Mereka menggigit tepi daun agar jatuh dengan sempurna. Sinar matahari yang menembus daun-daun tanaman yang masih hidup ini membuat kelelawar tampak hijau, semakin menyamarkan mereka dari pemangsa.

Apa yang dimakan kelelawar putih Honduras?

Seperti namanya, kelelawar mungil ini berbulu dan putih – tetapi mereka bukan albino. Sebaliknya, wajah, kaki, dan sayap mereka berwarna oranye-kuning cerah. Mereka pemilih soal makanan dan cukup banyak hanya mengkonsumsi buah ara dari spesies Ficus colubrinae. Kulit buah ara mengandung pigmen karotenoid kuning yang disebut lutein, yang kemungkinan bertanggung jawab atas warna kuning, demikian penelitian Bat Conservation International. Makanan yang hampir seluruhnya buah ara memberi kelelawar ini warna yang khas.

Sebuah studi dari 2019 menunjukkan bahwa kelelawar jantan dengan kondisi tubuh yang lebih baik memiliki hidung kuning yang lebih cerah, menunjukkan bahwa ada dikromatisme seksual dalam spesies kelelawar ini.

Baca Juga: 6 Hewan Aneh di 2023 yang Bikin Anda Geleng Kepala Sayangnya, mengingat makanan dan preferensi tempat tinggal mereka yang sangat khusus, para ahli konservasi khawatir bahwa spesies ini akan lebih menderita dari hilangnya habitat jika sumber makanan dan tempat berlindung mereka terganggu.