Spesifikasi Rudal Sayyad 4B, Penjaga Langit Iran yang Mampu Menjangkau Area 300 Km

Spesifikasi Rudal Sayyad 4B, Penjaga Langit Iran yang Mampu Menjangkau Area 300 Km

Teknologi | sindonews | Jum'at, 26 April 2024 - 12:03
share

Spesifikasi rudal Sayyad 4B Iran menarik diulas. Rudal ini biasa dioperasikan bersama sistem pertahanan udara Bavar-373 untuk menjaga langit Teheran.

Pada konfliknya dengan Israel, Iran tengah dihadapkan pada kemungkinan serangan udara balasan dari Tel Aviv. Menyikapi kondisi ini, Teheran bisa memanfaatkan sejumlah senjata pertahanan udara seperti rudal Sayyad 4B.

Lantas, seperti apa sebenarnya spesifikasi dari rudal Sayyad 4B ini? Simak ulasannya berikut untuk mengetahuinya.

Spesifikasi Rudal Sayyad 4B

Sayyad 4B merupakan versi pembaruan dari rudal Sayyad-4. Berjenis rudal pencegat, senjata ini dirancang guna menyerang sasaran udara yang masuk pada jangkauannya. Mengutip Tehran Times, Jumat (26/4/2024), Sayyad 4B merupakan sebuah rudal pertahanan udara yang ditenagai bahan bakar padat. Rudal ini dipasangkan dengan sistem pertahanan udara Bavar-373 yang jadi andalan Iran.

Melihat riwayatnya, Sayyad 4B diluncurkan Kementerian Pertahanan Iran sejak November 2022. Pada kemampuannya, rudal ini diklaim mampu menjangkau area hingga 300 kilometer.

Pada penggunaannya, Sayyad 4B ditenagai bahan bakar padat hibrida yang sudah menjalani uji operasional. Keberadaannya dirasa sangat cocok dengan Bavar-375 karena mampu meningkatkan jangkauan radar deteksi hingga pelacakannya.

Sayyad-4B juga dilaporkan memiliki fitur pencari yang lebih baik dari pendahulunya. Tak hanya itu, rudal ini dibekali sistem panduan dan kontrol baru hingga hulu ledak yang relatif canggih.

Berbekal kemampuannya, Sayyad 4B diharapkan mampu menopang kekuatan sistem pertahanan udara Iran. Terlebih, mereka berpotensi menghadapi serangan dari rudal atau drone canggih yang dimiliki Israel dan sekutunya. Demikianlah sedikit ulasan mengenai spesifikasi rudalSayyad4BIran.