Perbedaan Free Fire dan PUBG Mobile, Simak Agar Makin Paham!

Perbedaan Free Fire dan PUBG Mobile, Simak Agar Makin Paham!

Teknologi | BuddyKu | Kamis, 11 Agustus 2022 - 16:53
share

Masih banyak gamers yang tidak menyadari perbedaan Free Fire dan PUBG Mobile , padahal keduanya memiliki ciri khas masing-masing. Meski demikian keduanya sama-sama populer di seluruh dunia.

Seperti yang diketahui bahwa dari dulu hingga sekarang, game tembak-menembak memang selalu menjadi favorit banyak orang. Di antara banyaknya game jenis ini sekarang, Free Fire dan PUBG yang paling populer.

Bahkan, keduanya sering dijadikan turnamen e-sport berskala global. Sayangnya, masing banyak gamers yang menganggap keduanya sama saja. Padahal, jelas karakteristik keduanya berbeda.

Jadi, oleh sebab itu agar tidak salah kaprah, kami akan menjelaskan mengenai perbedaan antara kedua game tersebut. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, simak selengkapnya berikut ini.

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Free Fire

Sebelum membahas mengenai perbedaan Free Fire dan PUBG Mobile, kami akan membahas mengenai Free Fire. Sehingga, Anda akan lebih memahaminya. Terutama jika sebelumnya Anda tidak pernah memainkan game ini.

Free Fire atau FF merupakan game battle royale dengan tema tembak menembak. Game ini dikembangkan oleh perusahaan Garena dan tersedia dalam versi PC maupun mobile.

Sama seperti game battle royale lainnya, dalam FF Anda harus mengalahkan setiap pemain lain untuk bisa bertahan hidup hingga akhir. Selain itu setiap pemain juga harus bisa mengumpulkan senjata dan item lainnya.

Saat proses looting, pastikan Anda memilih senjata yang bisa digunakan dalam segala situasi dan memiliki damage besar. Oleh sebab itu, sebelum bermain pastikan tahu karakteristik setiap senjata.

Pada proses ini tidak ada Perbedaan Free Fire dan PUBG Mobile. Mengumpulkan item selama permainan juga penting. Khususnya item medis untuk mengembalikan kondisi karakter agar tidak mudah mati.

Selain item medis, Anda juga perlu item lainnya untuk menguatkan skill karakter. Item biasanya didapatkan saat pemain berhasil mengalahkan lawan.

Untuk memainkan Free Fire, terdapat beberapa mode permainan yaitu solo (sendiri), duo (berdua), atau squad dengan maksimal 4 pemain dalam satu tim. Sehingga, sangat fleksibel untuk main sendiri atau mabar.

Pemenang game adalah mereka yang berhasil bertahan hingga akhir. Jadi, mau tidak mau setiap pemain atau tim perlu saling mengalahkan lawan hingga akhir.

Mengenal Lebih Jauh PUBG Mobile

PUBG (Player Unknown Battle Ground) merupakan tipe game battle royale yang memiliki perbedaan Free Fire dan PUBG Mobile dalam beberapa hal. Game ini bisa dimainkan melalui PC maupun mobile.

PUBG dikembangkan oleh game developer terkemuka Tencent yang sudah diunduh oleh ratusan juta orang. Secara konsep, game ini adalah the last man standing.

Artinya, pemenang dari game adalah mereka yang berhasil bertahan hidup hingga akhir permainan. Menariknya, Anda bisa menggunakan beberapa mode permainan yaitu, solo atau bahkan membentuk tim.

Sebelum permainan dimulai, setiap gamers akan diberikan waktu untuk looting atau memilih senjata dan beberapa item. Pada proses ini, pastikan Anda memilih senjata yang mumpuni dengan damage besar.

Meski terlihat serupa, tapi saat dimainkan akan terasa perbedaan Free Fire dan PUBG Mobile. Setelah berhasil memilih berbagai senjata dan item, Anda harus bertarung di tempat yang sudah ditentukan saat pendaratan.

Ada beberapa trik yang bisa Anda coba agar lebih mudah menang, yaitu memilih lokasi pendaratan di kota kecil. Tujuannya adalah agar lebih sepi dan jauh dari area pertarungan.

Dengan demikian, jumlah musuh yang akan ditemui juga lebih sedikit. Sehingga, lebih mudah untuk bertahan hidup. Hindari zona merah yang menjadi area pertempuran besar.

Perbedaan Free Fire dan PUBG Mobile

Setelah mengetahui lebih jauh mengenai kedua game tersebut, kami akan membahas perbedaannya. Dari penjelasan sebelumnya, tentu akan sulit menentukan apa saja perbedaannya.

Bagi Anda yang masih menganggap kedua game ini mirip, coba perhatikan penjelasan berikut ini untuk mengetahui apa saja perbedaannya:

1.Spesifikasi HP yang Dibutuhkan

Seperti yang diketahui bahwa kedua game ini dapat dimainkan melalui HP. Tapi, ternyata untuk spesifikasi yang dibutuhkannya berbeda.

Free Fire membutuhkan spesifikasi HP yang tidak terlalu tinggi, sebab ukurannya juga tidak terlalu besar. Jadi akan aman saat digunakan pada HP dengan RAM 2 GB atau 4GB.

Tapi tidak demikian dengan PUBG, sebab game ini membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi lagi. Ukurannya lebih besar jika dibandingkan dengan Free Fire. Paling tidak, Anda perlu RAM 4 GB keatas.

2.Kualitas Grafis

Perbedaan Free Fire dan PUBG Mobile berikutnya adalah dari segi grafis. Perbedaan ini yang sangat terasa dan menjadi perbincangan di kalangan gamers di seluruh dunia.

Secara grafis, Free Fire memiliki tampilan seperti animasi dan terkesan bisa saja dalam pertarungan. Hal ini tentu saja karena ukuran yang diperlukan untuk game ini terbilang kecil.

Sedangkan grafis PUBG memiliki tampilan yang realistis, sehingga pemainnya lebih merasakan sensasi pertarungan. Jadi tidak heran jika ukuran game ini jauh lebih besar dari FF.

Bagi Anda yang menyukai game dengan tampilan realistis tentu lebih menyukai PUBG dari pada Free Fire. Tapi jika Anda tidak terlalu memperdulikan tampilan grafis, maka Free Fire bisa menjadi solusi terbaik.

3.Cara Terjun ke Permainan

Cara terjun ke medan permainan juga menjadi perbedaan Free Fire dan PUBG Mobile yang paling terasa. Sebab, keduanya memiliki perbedaan cara terjun yang sangat signifikan.

Dalam game Free Fire, pemain akan terjun dengan menggunakan papan seluncur yang cukup memacu adrenalin. Tentunya dalam pertempuran hal ini nampak tidak realistis.

Sedangkan pada game PUBG, pemain akan terjun menggunakan parasut ke arena maps yang sudah dipilih sebelumnya. Cara ini jauh terasa lebih realistis dan tidak kalah memacu adrenalin.

4.Cara Penyembuhan

Cara penyembuhan atau healing di tengah pertempuran pada kedua game ini juga sangat berbeda. Pada Free Fire, pemain bisa memakan jamur sebagai pertolongan pertama di tengah pertempuran.

Jamur ini tidak bisa dijadikan inventory dan harus dimakan di tempat. Perbedaan Free Fire dan PUBG Mobile ini menjadi kelebihan Free Fire. Sebab, saat memakan jamur EP karakter akan bertambah. Ada 3 jenis jamur yang akan Anda temui dalam game ini, yaitu:

Jamur merah yang akan mengisi 50% Energi Point.

Jamur kuning yang akan mengisi 75% Energy Point.

Jamur jingga yang akan mengisi 100% energy point.

Sedangkan pada PUBG tidak ada first aid yang bisa dimakan di tengah pertempuran. Artinya, Anda memerlukan item medis tertentu untuk menyembuhkan karakter.

Anda bisa menggunakan item First Aid Kits sebagai pertolongan pertama. Item ini dapat menambah 75% HP dan sangat penting dibawa selama pertempuran. Item ini juga sangat membantu saat karakter kekurangan darah.

Perbedaan Free Fire dan PUBG Mobile berikutnya adalah Anda bisa menggunakan bandage pada PUBG. Bandage atau perban dapat digunakan jika Anda belum memiliki First Aid Kits.

Item ini dapat memberi 10% HP, sehingga pemain harus menggunakannya berulang kali. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan Med Kits di tengah pertarungan.

Item ini dianggap paling efektif untuk menyembuhkan karakter. Sebab, satu kali pakai bisa meningkatkan HP hingga 100%. Artinya, bar darah bisa langsung meningkat dan karakter kembali prima.

5.Pintu

Jika Anda pernah memainkan kedua game ini, tentunya paham perbedaan Free Fire dan PUBG Mobile dalam hal pintu. Dalam game Free Fire, setiap rumah tidak tidak menggunakan pintu.

Hal ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihannya, pemain bisa lebih mudah keluar masuk ke rumah tersebut. Sedangkan kekurangannya adalah kurang aman untuk tempat persembunyian.

Sedangkan pada PUBG semua rumah memiliki pintu. Sehingga, lebih ideal untuk arena pertarungan karena pemain bisa sembunyi dan saling serang satu sama lain secara adil.

6.Maps

Untuk jenis maps, kedua game ini memiliki beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan keinginan pemainnya. Hanya saja perbedaan Free Fire dan PUBG Mobile terletak pada luas maps-nya.

Free Fire memiliki 5 jenis maps, di mana maksimal pemain untuk setiap maps adalah 50 orang. Untuk luas mapsnya sendiri hanya 4 x 4 km2. Tidak heran jika jumlah maksimal pemainnya hanya sedikit.

Berbeda dengan PUBG, memiliki 4 jenis maps yang setiap mapsnya mampu menampung hingga 100 orang pemain. Untuk luasnya sendiri mencapai 8 x 8 km2.

7.Karakter

Dalam hal karakter, Free Fire memiliki cukup banyak karakter dengan jumlah mencapai 27. Sehingga, pemain bisa lebih leluasa memilihnya. Sedangkan PUBG tidak memiliki karakter tertentu, hanya jenis pakaian saja yang tersedia.

Baik Free Fire atau PUBG, setiap gamers tentunya memiliki selera masing-masing dalam menentukan permainan favoritnya. Terlebih lagi dengan adanya perbedaan Free Fire dan PUBG Mobile.

Topik Menarik