Enam Game Dipertandingkan di Piala Presiden 2022

Enam Game Dipertandingkan di Piala Presiden 2022

Teknologi | BuddyKu | Sabtu, 6 Agustus 2022 - 12:17
share

Piala Presiden Esports kembali digelar tahun ini. Turnamen ini akan dibuka 10 Agustus nanti. Ada enam game yang akan dipertandingkan dalam event ini. Terdiri dari tiga game lokal dan tiga game populer. Dua game lokal sebelumnya juga dipertandingkan dalam Piala Presiden Esports 2019, yakni Lokapala dan Battle of Satria Dewa.

Satu slot game tersisa masih terbuka untuk game lokal lainnya. Dengan sistem submission dan syarat bisa dikompetisikan. Sedangkan, tiga game lain yang dipertandingkan merupakan game populer di Indonesia, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), Free Fire, dan PUBG Mobile.

Turnamen diselenggarakan dengan dua metode. Kombinasi sistem online dan offline. Turnamen ini memperebutkan total hadiah senilai Rp 1,8 miliar dan kesempatan untuk menapaki jenjang kompetisi bertaraf internasional.

Turnamen ini dimulai dengan kualifikasi regional. Kualifikasi regional terbagi menjadi regional timur dan regional barat, dan terbuka untuk umum. Selain itu ada kualifikasi terbuka untuk semua provinsi sekaligus memberikan kesempatan kedua untuk tim yang belum berhasil di kualifikasi regional. Kemudian ada kualifikasi tertutup untuk tim profesional khusus undangan.

Khusus untuk cabang game MLBB, setelah kualifikasi tertutup, para tim yang terseleksi harus masuk ke penyisihan grup terlebih dahulu sebelum berlaga di main event Piala Presiden Esports 2022.

Ketua Harian PBESI Bambang Sunarwibowo mengatakan, juara Piala Presiden 2022 akan menjadi wakil Indonesia di ajang internasional IESF World Championship. Dengan adanya pertemuan antara atlet profesional dan amatir secara kompetitif di tingkat nasional dapat meningkatkan kemampuan masing-masing atlet maupun tim.

IESF World Championship adalah kompetisi esports internasional yang dimulai 2009. Event tersebut sudah dilaksanakan sebanyak 11 kali, dan untuk seri ke-12 Indonesia menjadi tuan rumah dengan lokasi penyelenggaraan Bali. (puj/r8)

Topik Menarik