Iran Didesak Segera Lanjutkan Negosiasi Pemulihan Perjanjian Nuklir

Iran Didesak Segera Lanjutkan Negosiasi Pemulihan Perjanjian Nuklir

Teknologi | jitunews.com | Senin, 13 Juni 2022 - 17:30
share

NEW YORK, JITUNEWS.COM - Badan Energi Atom Internasional (IAEA) pada Minggu (12/6) mendesak pemerintah Iran untuk segera melanjutkan negosiasi pemulihan perjanjian nuklir untuk menghindari situasi krisis.

Pemerintah Iran pada pekan ini dilaporkan telah menyopot beberapa kamera CCTV yang berfungsi untuk memantau kegiatan nuklirnya. Direktur IAEA mengatakan bahwa dua puluh tujuh kamera pengintai "telah dilepas" dimana ia menyebutnya sebagai "langkah yang sangat serius."

Kesepakatan 2015, yang dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), memberi Iran bantuan dari sanksi ekonomi yang melumpuhkan dengan imbalan pembatasan aktivitas nuklirnya.

Tetapi pada tahun 2018, presiden AS saat itu Donald Trump secara sepihak menarik diri dari pakta tersebut dan menerapkan kembali sanksi, mendorong Iran untuk mulai membatalkan komitmennya sendiri.

Pembicaraan untuk menghidupkan kembali kesepakatan telah terhenti sejak Maret.

Dalam wawancara CNN, Grossi mengatakan dia memberi tahu rekan-rekan Irannya, Kita harus duduk sekarang, kita harus memperbaiki situasi, kita harus terus bekerja sama.

Satu-satunya cara bagi Iran untuk mendapatkan kepercayaan, kepercayaan yang sangat mereka butuhkan untuk memajukan ekonomi mereka adalah dengan mengizinkan inspektur IAEA hadir, kata Grossi.

Tanpa kamera pengintai, kata Grossi, lembaganya tidak akan dapat segera mengumumkan apakah program nuklir Iran bertujuan untuk "perdamaian" atau apakah Iran sedang mengembangkan bom atom.

Topik Menarik