Diundang Ke KTT G20 Zelensky Kalau Masih Perang Saya Cuma Bisa Hadir Online

Diundang Ke KTT G20 Zelensky Kalau Masih Perang Saya Cuma Bisa Hadir Online

Teknologi | BuddyKu | Sabtu, 28 Mei 2022 - 00:22
share

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berterima kasih atas undangan Presiden Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (KTT G20) di Indonesia. Namun, Zelensky menyampaikan, dirinya tidak bisa secara hadir secara fisik di pertemuan tersebut jika perang terus berlanjut.

Zelensky menyebut dirinya akan bergabung secara virtual jika Indonesia dan negara-negara G20 bisa menerima hal tersebut.

Untuk sementara, saya tinggal bersama rakyat yang membutuhkan dukungan saya, ujar Zelensky, dalam acara Heart to Heart yang digelar Foreign Policy Community Indonesia (FPCI) secara virtual, Jumat sore (27/5).

Dia menambahkan, pertemuan G20 dapat dijadikan ajang melihat detail situasi demi mencapai solusi dari perang di Ukraina. Dia bilang, dunia harus bersatu. Menggabungkan kekuatan politisi, diplomatik, untuk ekonomi terbesar dunia. Zelensky jugameminta dunia harus bertindak agar Rusia menghentikan agresi mereka di Ukraina.

Sebelumnya, Zelensky mengatakan telah berbicara langsung dengan Jokowi untuk membahas undangan itu. Keduanya juga membahas isu lain seperti ketahanan pangan. Selain itu Zelensky juga berterima kasih kepada Jokowi atas dukungannya terhadap kedaulatan wilayah Ukraina.***

Topik Menarik