Review Redmi Watch 2 Lite, Teman Berolahraga Terbaik di Awal 2022

Review Redmi Watch 2 Lite, Teman Berolahraga Terbaik di Awal 2022

Teknologi | sindonews | Senin, 17 Januari 2022 - 11:03
share

JAKARTA - Redmi Watch 2 Lite adalah smartwatch yang fitur dan harganya pas. Dibanderol Rp899.000, tapi sudah memiliki banyak fitur perangkat wearable di atas Rp1 jutaan.

Perangkat tersebut cocok bagi mereka yang baru mulai aktif berolahraga di awal 2022. Dengan memakai smartwatch, tentu saja bisa lebih semangat. Sebab, ada banyak hal yang bisa dicatat. Mulai aktivitas berolahraga, memantau denyut jantung, aktivitas tidur, hingga merekomendasikan aktivitas olah raga apa yang cocok.

Servis Tak Selesai Sehari, Konsumen Xiaomi Dipinjamkan Ponsel Loan Unit

Perangkat tersebut juga bisa dipakai untuk kegiatan outdoor maupun indoor. Bahkan sudah memiliki sensor detak jantung optik, akselerometer, giroskop, kompas elektronik, hingga GPS. Nah, berikut adalah ulasannya:

Desain

Dari sisi desain, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Ukurannya memang lumayan besar. Memiliki tinggi 41,2 mm, lebar 35,3 mm, serta tebal 10,7 mm dan berat bersih termasuk tali 35 gram. Ada 3 varian warna yang bisa dipilih. Yakni Ivory, Black, dan Blue.

Bahannya sendiri masih terbuat dari bahan plastik. Tapi, cukup tebal dan solid. Untuk tali/strap-nya terbuat dari karet lembut dan bisa diganti-ganti. Sayangnya memang tidak universal seperti smartwatch lainnya.

Strap-nya eksklusif dari Xiaomi. Atau, kita bisa membeli konektor third party sehingga bisa mengganti-ganti strap dengan lebih banyak pilihan. Misalnya memakai bahan kulit atau besi. Semua itu tersedia di marketplace dengan harga terjangkau.

Layar

Redmi Watch 2 Lite memiliki bentang Layar 1,55 inci dengan resolusi 320x360 piksel. Ukuran layarnya 10 persen lebih besar dibanding model sebelumnya.

Walau masih TFT, tapi ketajamannya cukup bagus. Dari tingkat kontras dan warnanya pun masih tergolong baik dibandingkan versi sebelumnya.

Tingkat kecerahannya mencapai 350 nits. Lalu, sisi layarnya juga melengkung sehingga nyaman saat melakukan swipe ke atas, bawah, ataupun samping. Keunggulan lain Redmi Watch 2 Lite adalah tahan air hingga 5 atm, artinya ponsel bisa digunakan di kamar mandi juga diajak berenang.

Baterai

Baterainya sendiri mengusung kapasitas 262 mAh dengan port pengisian daya magnetik. Dalam pengujian SINDONews, ternyata baterainya sangat irit. Dengan mengaktifkan notifikasi WhatsApp yang aktif, Redmi Watch 2 Lite bisa bertahan hampir sepekan tanpa ngecas.

Bisa jadi, karena konektivitasnya memakai Bluetooth 5.0 (Bluetooth Low Energy) sehingga ketahanan baterainya cukup awet. Dengan mengaktifkan semua notifikasi dan semua fitur olah raga, smartwatch ini masih bisa bertahan hingga 5 hari yang terbilang irit.

Xiaomi Wear

Untuk bisa mengoptimalkan penggunaan Redmi Watch 2 Lite, SINDONews harus mengunduh aplikasi Xiaomi Wear yang ada di Google Play Store maupun Apple App Store. Cara menghubungkannya mudah, hanya dengan memindai barcode dan langsung terhubung dengan mudah.

Selanjutnya, semua data-data olah raga, energi, heart rate harian, bahkan tingkat stres pun bisa direkam dan di sinkronisasikan di Xiaomi Wear.

Ada lebih dari 100 mode olah raga yang bisa dipakai untuk memantau aktivitas olah raga yang kita inginkan. Mulai dari mendayung, lompat tali, yoga, berenang di kolam, treadmill, berjalan, hingga mendaki. Termasuk mewah di kelas smartwatch di bawah Rp1 juta.

Mengubah Tampilan

Jika bosan dengan tampilan Redmi Watch 2 Lite, pengguna bisa mengganti Watch Faces yang ada di layar dengan mengunduhnya di Xiaomi Wear secara gratis. Ada lebih dari 100 Watch Faces yang ada di aplikasi.

Aplikasi Xiaomi Wear juga bisa melakukan penyetelan di Redmi Watch 2 Lite, misalnya mengatur notifikasi, background activity permissions, apa saja aplikasi yang ditampilkan di smartwatch, dan lainnya.

Bisa dibilang Xiaomi memiliki dukungan software yang sangat baik.

GPS Akurat

Akurasi Redmi Watch 2 Lite dalam mengukur langkah hingga jarak terbilang presisi. Sebab, chip GPSnya sudah mendukung GNSS yang bisa mengakomodir GPS, GLONASS, Galileo, serta BDS.

Kekurangan

Ada beberapa hal yang bisa lebih baik saat SINDONews mencoba smartwatch ini. Misalnya sensitifitas fitur raise to ware yang kurang. Jadi, saat kita ingin melihat waktu atau notifikasi, terkadang harus beberapa kali menggoyoangkan tangan karena layar jam masih gelap. Tapi, hal ini memang sering terjadi. Tidak hanya di Xiaomi, tapi juga berbagai merek lainnya.

Kemudian, saat melakukan tingkat saturasi oksigen dalam darah (SpO) menunjukkan jumlah oksigen dalam darah acap gagal. Ternyata, kita harus berada dalam keadaan diam dan tidak bergerak untuk bisa mendapatkan hasil akurat.

Terakhir, notifikasi WhatsApp di Redmi Watch 2 Lite kurang terlihat maksimal saat muncul chat yang panjang. Ujung-ujungnya, kita harus membuka ponsel untuk membaca lengkap.

Kesimpulan

Redmi Watch 2 Lite ideal untuk mereka yang baru mulai berolahraga di 2022 dan butuh smartwatch dengan banderol di atas Rp500 ribu, tapi tidak sampai Rp1 juta. Harapannya, pengguna bisa mendapatkan fitur yang lengkap. Dan itu yang diberikan oleh Redmi Watch 2 Lite.

Fitur-fitur penunjang kebugarannya berlimpah. Lalu, dukungan software Xiaomi Wear juga solid dibanding saat kita menggunakan merek lainnya. Misalnya, kemudahan untuk disinergikan dengan aplikasi Strava.

Redmi Watch 2 Lite juga bisa melacak tidur, detak jantung, SpO2, memantau stres, latihan pernafasan, bahkan merekam menstruasi. Belum lagi layar yang besar, daya tahan baterai prima, desain yang tidak murahan, juga bisa digunakan untuk berenang.

Topik Menarik