Astronom Temukan Calon Exomoon Pertama, Mengorbit Planet Seukuran Jupiter

Astronom Temukan Calon Exomoon Pertama, Mengorbit Planet Seukuran Jupiter

Teknologi | inewsid | Senin, 17 Januari 2022 - 06:00
share

JAKARTA, iNews.id - Keberadaan lebih dari 4.000 exoplanet telah atau planet di luar tata surya telah dikonfirmasi. Para astronom sekarang berpikir sangat mungkin ada Bulan di luar Tata Surya.

Para astronom dari Universitas Columbia percaya mereka telah menemukan bukti exomoon. Potensi exomoon, yang sangat besar dan mengorbit planet seukuran Jupiter yang disebut Kepler 1708b, terletak 5.500 tahun cahaya.

Exomoon ini adalah calon Bulan di luar Tata Surya kedua yang ditemukan tim yang sama, yang dipimpin David Kipping. "Para astronom telah menemukan lebih dari 10.000 kandidat exoplanet sejauh ini, tapi exomoon jauh lebih menantang. Mereka adalah terra incognita," kata Kipping dalam sebuah pernyataan.

Kipping dan timnya melihat data arsip dari teleskop Kepler NASA dan mengamati planet raksasa gas terdingin. Mereka memilih untuk fokus pada exoplanet ini karena planet setara di tata surya kita, Jupiter dan Saturnus, keduanya memiliki banyak bulan yang mengorbitnya.

Mereka menelusuri data di 70 planet sebelum menemukan sinyal calon satu exomoon. Menjadi berukuran super berarti sinyal ini menonjol, dan jika kandidat lebih lanjut ditemukan di masa depan, kemungkinan mereka tidak akan terlalu besar.

"Deteksi pertama dalam survei apa pun umumnya adalah orang-orang aneh. Yang besar paling mudah dideteksi dengan sensivitas kamu yang terbatas," tutur Kipping, sebagaimana dikutip dari Digital Trends.

Para astronom perlu mengumpulkan lebih banyak data sebelum mereka dapat memastikan apakah kandidat tersebut benar-benar exomoon atau hanya keanehan dalam data. Ada kemungkinan sinyal tersebut disebabkan oleh planet yang berinteraksi dengan bintangnya, atau suara dari instrumen Kepler. Jadi untuk saat ini, Kippling dan rekan-rekannya akan terus mencari lebih banyak bukti tentang apakah ini sebenarnya bulan di luar Tata Surya.

Topik Menarik