Madura Ethnic Carnival Bakal Digelar Kembali, Catat Ini Tanggalnya

Madura Ethnic Carnival Bakal Digelar Kembali, Catat Ini Tanggalnya

Gaya Hidup | surabaya.inews.id | Selasa, 16 April 2024 - 22:20
share

SUMENEP, iNewsSurabaya.id - Setelah sukses di tahun 2023, Madura Ethnic Carnival (MEC) akan kembali digelar di tahun 2024 ini. Kegiatan itu bakal digelar tanggal 21 September mendatang.

MEC merupakan event busana karnaval terbesar di Pulau Madura yang diinisiasi Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS). 

Tahun lalu, kegiatan tersebut bertema Magneficient of Kerapan Sapi. Sementara tahun ini bertema Keris. Sesuai rencana, kegiatan ini akan digelar di pusat kota, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. 

Ketua Penitia MEC, Nur Khalis, mengungkapkan alasan pemilihan tema karena keris merupakan karya adiluhur serta penyambung kisah para leluhur. Keris juga dianggap penuh daya magis yang memancarkan keindahan mistis.

"Aura keris mampu menciptakan harmoni dan kegagahan. Ia adalah saksi peradaban, yang di dalamnya penuh doa, cinta dan harapan," ujar Nur Khalis dalam rilisnya, Selasa (16/4/2024).

Tak hanya itu, Sumenep juga diakui oleh UNESCO sebagai daerah dengan empu terbanyak di dunia. Sehingga pemilihan tema tersebut dianggap pas dalam kegiatan itu.

 

Khalis menambahkan, MEC 2024 tetap digelar dengan format kompetisi dan grand show. Cakupan peserta juga diperluas berskala nasional, baik untuk tingkat pelajar maupun umum.

"Kalau kostum carnival sesuai tema (wajib) minimal 20 persen bahan kostum dari daun siwalan. Kenapa siwalan karena ramah lingkungan," jelasnya. 

Ia berharap kegiatan itu ikut mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Madura dan Indonesia. Sehingga tidak hanya menjadi tontonan menarik, tetapi juga ada dampak konkret yang dirasakan masyarakat. 

Kegiatan itu juga disebut menjadi ruang eksplorasi kreatif dan ajang silaturahmi seluruh kreator, komunitas, dan enthusiast seni costum carnival seluruh nusantara.

Topik Menarik