Contoh Teks Doa Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024

Contoh Teks Doa Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024

Terkini | sindonews | Rabu, 1 Mei 2024 - 12:21
share

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati setiap tanggal 2 mei. Upacara pengibaran bendera dan ditutup dengan rangkaian doa mewarnai peringatan Hardiknas.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional merupakan hari untuk mengenang hari kelahiran Bapak Perintis Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara yang lahir pada 2 Mei 1889.

Selain itu peringatan Hardiknas juga untuk memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan akan penting dan strategisnya pendidikan juga meningkatkan nasionalisme.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional secara resmi dilakukan dengan upacara bendera. Susunan acaranya mulai dari pengibaran bendera hingga pembacaan doa.

Berikut ini 2 contoh teks doa untuk peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei yang dikutip dari berbagai sumber.

Contoh Teks Doa Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024

1. Contoh 1

BismillahirrahmanirrahimAlhamdulillahirobbil AlaminWassholatu wassalamuAla asyrofil anbiyai wal MursalinWa ala Alihi wa shohbihi ajmain

Dengan nama-Mu Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, segala puji untuk-Mu Tuhan semesta alam, Engkau tempat kami meminta, Engkau tempat kami memohon, kami berdoa kehadirat-Mu ya Allah.

Ya Allah, ya Tuhan kami

Saat ini kami berkumpul dalam rangka mengikuti Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024, untuk itu ya Allah jadikan kegiatan peringatan ini, kegiatan yang penuh rahmat, kegiatan yang membawa manfaat, dan kegiatan yang penuh dengan hikmat.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mengetahui

Bersihkan hati kami dari sifat-sifat yang buruk, semaikan hati kami dengan berbagai sifat-Mu yang mulia, satukan hati dan perbuatan kami dalam membangun negeri yang kami cintai ini, khususnya di bidang pendidikan agar lebih maju dan berkualitas, mampu mengejar ketertinggalan pendidikan bangsa kami, dan jadikanlah negeri kami, negeri yang berkah, negeri yang rakyatnya makmur dan sejahtera, dalam iman dan taqwa serta selalu dalam curahan maghfirah Mu ya Allah.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa

Betapa banyak tantangan dalam dunia pendidikan kami saat ini, oleh karena itu ya Allah bimbinglah kami, berilah kekuatan lahir dan batin kepada kami, satukan pandangan kami, bangkitkanlah semangat membangun dunia pendidikan kami, agar kami mampu membangun karakter bangsa ini menjadi bangsa yang memiliki peradaban yang unggul dan mulia, bangsa yang memiliki kecerdasan secara komprehensif, dan berbudi pekerti luhur.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mendengar

Kabulkanlah doa dan permohonan kami.

Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wafil aakhirati hasanah waqinaa azdaabannaar. Washallaahu alaa sayyidina Muhammadin wa alaa aalihi washohbihi ajmaiin. Walhamdulillahi rabbil aalamiin.

2. Contoh 2

Ya Allah, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Karena hanya atas kuasa dan ijin-Mu lah pada hari ini kami bisa berkumpul dalam rangka mengikuti Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024, untuk itu ya Allah berkati dan ridhoi acara kami ini.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa

Jadikanlah Hari Pendidikan Nasional tahun ini sebagai momentum untuk serentak bergerak demi mewujudkan Merdeka Belajar dalam rangka mendidik putra-putri kami menjadi pelajar Pancasila sejati.

Ya Allah yang Maha Pengampun

Kami sadar begitu banyak dosa dan kesalahan yang telah kami lakukan, jika Engkau tidak sudi mengampuni, kepada siapa kami harus memohon ampun.

Oleh karena itu ya Allah, ampunilah segala dosa dan kesalahan kami, dosa orang tua kami, dosa guru-guru kami, dosa para pemimpin kami, serta dosa para pendahulu kami.

Janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau khilaf, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana

Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami, janganlah engkau pikulkan pada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya.

Allahumma Ya Allah Ya Hadi, Tuhan Yang Maha Memberi Petunjuk.

Tunjukkanlah yang benar itu tampak benar dan berilah kekuatan kepada kami untuk dapat melaksanakannya, dan tunjukkanlah yang salah tampak salah dan berilah kekuatan kepada kami untuk dapat menjauhinya.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mendengar, kabulkanlah doa dan permohonan kami.

Allahumma innii asaluka 'ilman naafi'aan wa rizqan tayyiban wa 'amalan mutaqobbalan.

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah, wa qinaa adzabannaari. Walhamdulillahi rabbil alamin.

Demikian 2 contoh teks doa peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024. Semoga informasi ini bermanfaat.

Topik Menarik