Demi Kemajuan SDM Daerah, Dana Otsus Diharapkan Bisa Dioptimalkan

Demi Kemajuan SDM Daerah, Dana Otsus Diharapkan Bisa Dioptimalkan

Nasional | sindonews | Rabu, 1 Mei 2024 - 07:06
share

Dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua diharapkan bisa dimaksimalkan untuk dukungan membangun fasilitas fisik pendidikan. Selain itu untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) Papua.

Kepala Dinas Pendidikan Papua Barat Abdul Fatah memaparkan, dana otsus meliputi bantuan tugas belajar mahasiswa dan siswa. Selain itu, bantuan untuk menunjang kebutuhan sekolah dalam proses belajar mengajar maupun kegiatan ujian.

"Termasuk bantuan tugas belajar mahasiswa, bantuan Siswa Unggulan Papua (SUP), dan bantuan siswa luar negeri," kata Fatah dalam keterangannya, Rabu (1/5/2024).

Misalnya, dana otsus dialokasikan untuk membangun ruangan kelas yang telah rubuh. Begitu pula pada 2023, Dinas Pendidikan Papua Barat telah memberikan bantuan ruangan laboratorium ke SMA Negeri I Manokwari.

Kendati demikian, Fatah menekankan, pihaknya tetap fokus pada pengembangan dan peningkatan SDM. Membangun sarana dan prasarana menjadi wewenang pihak dinas kabupaten. Kecuali pada kondisi mendesak.

"Kalau ada ruang belajar sudah mau rubuh dan belum ada juga dukungan anggaran dari dinas pendidikan setempat, ya maka ada tanggung jawab kami memberikan dukungan," sambungnya.

Fatah menjelaskan, beberapa kegiatan yang tidak efektif, mengalami pergeseran. Dia menyebut pergeseran tersebut bisa berupa pemberian meja, kursi, komputer, laptop, in focus, dan sejumlah bantuan lain.

Fatah juga mengakui, telah menyusun sejumlah standar operasional agar dana otsus bisa dirasakan manfaatnya secara merata di setiap kabupaten. Tidak hanya tersentralisir di Manokwari saja.

Fatah menyatakan, telah meminta pegawainya untuk menginventarisir dana bantuan yang tersalurkan di Manokwari. Kemudian menganalisis perbandingannya dengan kabupaten lain.

"Itu bertujuan agar dana Otonomi Khusus (Otsus) bisa dirasakan masyarakat secara menyeluruh, merata," jelas Fatah.

Topik Menarik