Ini Tampang Dukun Palsu Modus Penggandaan Uang via Tuyul di OKU Timur

Ini Tampang Dukun Palsu Modus Penggandaan Uang via Tuyul di OKU Timur

Infografis | sindonews | Selasa, 30 April 2024 - 16:43
share

Memperdaya korbannya dengan janji bisa menggandakan uang melalui perantara tuyul, Siswanto (45) seorang pria yang dikenal sebagai dukun di Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan ditangkap polisi.

Kapolsek Belitang I Iptu Wahyudin mengatakan penangkapan tersangka dukun palsu ini setelah korban berinisial SU (40) melaporkan kasus penipuan berkedok dukun pengganda uang ini ke Mapolsek Belitang I.

”Modus pelaku ini membujuk dan menjanjikan kepada korban dapat menggandakan uang secara gaib melalui perantara tuyul tak bertuan,” kata Wahyudin, Selasa (30/4/2024).

Baca Juga: Teridentifikasi, 5 Makam Korban Pembunuhan Dukun Palsu Mbah Slamet Dibongkar

Selanjutnya, korban yang percaya lantas menyerahkan uangnya secara bertahap dengan total Rp48.100.000. Di mana, Siswanto menjanjikan uang korban tersebut mampu digandakan menjadi Rp270 juta.

”Akan tetapi setelah sekitar dua bulan, janji pelaku tak kunjung terealisasi. Korban yang tidak percaya lagi akhirnya melaporkan kasus ini ke polisi,” ucapnya.

Petugas yang melakukan penyelidikan akhirnya mendapati informasi keberadaan Siswanto serta melakukan penangkapan pada Kamis, 25 April 2024 sekitar pukul 20.00 WIB. Hasil penyelidikan sementara korban hanya satu orang. Tapi penyidik masih melakukan pendalaman.

Selain mengamankan pelaku, petugas mengamankan sejumlah barang bukti yang digunakan pelaku guna menjalankan aksi penipuannya. Di antaranya, kardus dan karet gelang untuk menempatkan uang dari tarikan tuyul, sejumlah kain ritual penggandaan uang.

Topik Menarik