Viral Percobaan Pembunuhan oleh Mahasiswa Fakultas Hukum UGM, Ini Faktanya

Viral Percobaan Pembunuhan oleh Mahasiswa Fakultas Hukum UGM, Ini Faktanya

Infografis | sindonews | Jum'at, 17 Mei 2024 - 17:38
share

Percobaan pembunuhan oleh oknum mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta beredar luas di media sosial. Oknum berusaha mencelakai rekannya dengan cara mengejar dan berusaha menabraknya menggunakan mobil.

Kabar tersebut menyebar melalui akun menfess di media sosial X.

"ugm. fess ada percobaan pembunuhan di fh guys serem banget dah," demikian narasi di akun X @UGM FESS.

Hanya saja dalam unggahannya tersebut tidak dijelaskan secara detail peristiwa yang terjadi. hanya saja informasi yang berkembang adalah mahasiswa tersebut mengejar mahasiswa lain menggunakan mobil yang dikendarai.

Wakil Dekan Fakultas Hukum UGM, Jaka Triyana ketika dikonfirmasi membenarkan jika ada mahasiswanya yang mengejar mahasiswa lain menggunakan mobil.

Dia mengakui peristiwa itu ada di lingkungan kampus tetapi menepis jika mahasiswa bermobil itu mengendarai secara ugal-ugalan.

"tidak ugal-ugalan itu enggak. Wong itu jaraknya cuma sekitar 50 meter," kata Jaka saat dihubungi wartawan,

Dia membenarkan jika mahasiswa tersebut tercatat di Fakultas Hukum. Dan peristiwa tersebut sebenarnya diawali dengan adanya miskomunikasi. Sehingga memicu kejadian lainnya yaitu insiden tersebut.

Jaka menyebut mahasiswa tersebut 'sedang kurang mampu untuk bertanggungjawab' karena mengalami halusinasi. Dia menyebut kalau dari sisi kronologi memang itu ada beberapa insiden sebelumnya.

Dia menyebut pihaknya memang ini hati-hati dan yang terjadi itu adalah didahului miskomunikasi. Setelah itu terjadi halusinasi sehingga terjadi peristiwa seperti itu. Dia memastikan jika halusinasi itu bukan karena pengaruh alkohol.

"Tidak tidak (karena alkohol). (Itu karena) Kejiwaannya," katanya.

Karena hal itulah, mahasiswa tersebut bereaksi berlebihan ketika terjadi miskomunikasi dengan mahasiswa lainnya. Kasus itupun mereka selesaikan secara kekeluargaan demi kepentingan para mahasiswa ke depannya.

Terpisah, Kapolsek Bulaksumur, AKP Ngadi saat dimintai konfirmasi juga membenarkan adanya insiden tersebut. Peristiwa itu terjadi pada Kamis (17/5/2024) sore. Di mana mahasiswa yang mengendarai mobil berinial DA.

Pihaknya sudah menindaklanjuti peristiwa tersebut dengan meminta keterangan yang bersangkutan dan juga keluarganya.

Sementara dalam peristiwa itu tidak ada korban ataupun kerusakan.

Ngadi mengatakan berdasarkan informasi dari keluarganya, DA tengah mengalami depresi. Dan saat ini yang bersangkutan telah diserahkan ke orang tua untuk berobat.

"Nggih (iya), deperesi. jadi kita serahkan ke orang tuanya untuk dilakukan pengobatan," ungkapnya.

Topik Menarik