SMMPTN Barat 2024 Dibuka 1 Mei, Ini Syarat dan Ketentuannya

SMMPTN Barat 2024 Dibuka 1 Mei, Ini Syarat dan Ketentuannya

Terkini | sindonews | Senin, 29 April 2024 - 11:50
share

Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN Barat) dibuka pada bulan Mei 2024 diikuti 25 PTN. Tepatnya pendaftaran dibuka pada 4 Mei 2024 pukul 15.00 WIB dan ditutup pada 20 Juni 2024. Untuk info lengkapnya, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Persyaratan SMMPTN Barat 2024

1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah.

2. Peserta tidak diterima melalui jalur SNBP dan SNBT atau peserta diterima melalui jalur SNBT namun belum melakukan daftar ulang.

3. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2024, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.

4. Peserta dalam kondisi sehat sehingga tidak mengganggu proses UTBK.

5. Memiliki ijazah yang dikeluarkan dalam 3 tahun terakhir (2022, 2023, dan 2024) kecuali untuk beberapa PTN berikut: UNJA, UMRAH, dan UTU dapat menggunakan ijazah 5 tahun terakhir (2020, 2021, 2022, 2023 dan 2024). ISBI Aceh menerima ijazah 10 tahun terakhir yaitu mulai ijazah dari tahun 2015 sampai dengan 2024 dan Paket C maksimal umur 35 tahun.

Baca juga:Daftar 94 Perguruan Tinggi Negeri di Seleksi Masuk PTN Jalur SNBP 2024, Cek Yuk

Cara Daftar SMMPTN Barat 2024

1. Pendaftaran SMMPTN Barat 2024 dilakukan secara online.

2. Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan portofolio dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukkan seluruh data yang diperlukan secara benar.

3. Pendaftaran dimulai pada tanggal 4 Mei 2024, pukul 15.00 WIB sampai 20 Juni 2024, pukul 16.00 WIB.

4. Bagi peserta ujian SMMPTN Barat 2024 yang telah melakukan pendaftaran awal untuk mendapatkan ID bayar, pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan paling lambat pada tanggal 20 Juni 2024, pukul 16.00 WIB.

5. Jika peserta belum selesai menuntaskan pengisian formulir pendaftaran secara online, maka masih diberi kesempatan untuk menyelesaikannya dan melakukan simpan permanen paling lambat tanggal 21 Juni 2024, pukul 14.00 WIB.

6. Batas akhir cetak kartu peserta pada tanggal 21 Juni 2024, pukul 16.00 WIB.

Apa Itu SMMPTN Barat?

SMMPTN Barat atau Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia adalah jalur seleksi mandiri bersama penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana yang diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SMA / SMK / MA atau sederajat dan Paket C yang ingin masuk ke PTN di wilayah barat Indonesia

Mengenal Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia

1. SNMPTN (SNBP dan SNBT)

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa dikenal sebagai jalur undangan. Jalur ini menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan prestasi dan portofolio akademik. Penilaiannya dilihat dari kompetensi sekolah dan prestasi siswanya, di antaranya akreditasi sekolah, nilai rapor, dan persyaratan lain berdasarkan PTN yang dipilih. Mulai tahun 2023 ini Kemendikbudristek telah resmi mengganti nama seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dari SNMPTN dan SBMPTN menjadi SNBP dan SNBT

2. Seleksi Mandiri

Selain SNMPTN dan UTBK SBMPTN, beberapa PTN juga tetap membuka jalur masuk melalui Seleksi Mandiri. Seperti SIMAK UI, UM UGM, SMUP Unpad, dan lain sebagainya. Jalur ini diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN secara independen.

3. SNMPN

Bagi calon mahasiswa yang tertarik pada pendidikan vokasi, bisa memanfaatkan Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN). Jalur ini merupakan seleksi jalur undangan khusus bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik dan politani di seluruh Indonesia. Proses pendaftaran SNMPN biasanya dimulai pada bulan Januari-Maret.

4. Ujian Masuk Sekolah Tinggi Kedinasan

Sekolah Tinggi Kedinasan merupakan perguruan tinggi yang berada langsung di bawah kementerian atau lembaga pemerintahan yang menawarkan ikatan dinas bagi para lulusannya. Setelah lulus dari Sekolah Kedinasan, kamu bisa langsung bekerja dan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

5. Seleksi PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, merupakan sebutan untuk beberapa kampus yang berada di bawah naungan dari Kementerian Agama. Jalur masuk PTKIN terdiri dari dua yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan UM-PTKIN. Proses seleksi SPAN-PTKIN biasanya dimulai pada bulan Januari. Sementara itu, untuk proses pendaftaran UM-PTKIN, biasanya dimulai sekitar bulan April.

6. SMMPTN Barat

SMMPTN-Barat adalah seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang dilakukan secara serentak di antara perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Seleksi SMMPTN-Barat dilakukan berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMMPTN-Barat

7. Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Swasta

Selain PTN, Sekolah Kedinasan, dan Politenik, banyak calon mahasiswa yang langsung memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Banyak sekali PTS dengan standar internasional yang menawarkan program perkuliahan yang menarik.

Daftar Universitas Peserta SMMPTN Barat 2024

1. Universitas Syiah Kuala 2. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 3. Universitas Bengkulu 4. Universitas Jambi 5. Institut Seni Indonesia Padangpanjang 6. Universitas Palangka Raya 7. Universitas Malikussaleh 8. Universitas Maritim Raja Ali Haji 9. Universitas Bangka Belitung 10. Universitas Teuku Umar

11. Institut Teknologi Sumatera 12. Institut Seni Budaya Indonesia Aceh 13. Universitas Samudra 14. Universitas Riau 15. Universitas Siliwangi 16. Universitas Sumatera Utara 17. Universitas Andalas 18. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau 19. Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar 20. Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidempuan 21. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung 22. Universitas Pembangungan Nasional "Veteran" Jakarta 23. Universitas Singaperbangsa Karawang 24. UIN Imam Bonjol Padang 25. Universitas Negeri Padang

Topik Menarik