Pekan Depan Jalan Braga Bandung Bebas Kendaraan, Ini Lokasi Tempat Parkir

Pekan Depan Jalan Braga Bandung Bebas Kendaraan, Ini Lokasi Tempat Parkir

Infografis | sindonews | Sabtu, 27 April 2024 - 11:00
share

Jalan Braga Bebas Kendaraan atau Braga Free Vehicle bakal diterapkan pekan depan. Untuk menampung kendaraan pengunjung, Dishub Kota Bandung telah menyiapkan beberapa titik tempat parkir.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Asep Kuswara mengatakan, Polrestabes Bandung, dan instansi terkait telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas termasuk kantung-kantung parkir.

Untuk juru parkir kawasan Braga panjang itu kan kami punya kantung-kantung parkir baru. Kami sedang kolaborasi, koordinasi dengan jajaran Forkopimda dan kewilayahan, kata Kadishub di Balai Kota Bandung, Jumat (26/4/2024).

Asep Kuswara menyatakan, sejumlah opsi lokasi parkir cukup untuk menampung kendaraan pengunjung Jalan Braga, dari parkir resmi di Jalan Braga pendek hingga basement Alun-alun Kota Bandung.

Di situ ada Bank Bandung, dilanjut ada Bank Jabar. Nanti lurus Jalan Naripan itu ada parkir on street yang dikelola oleh buruh parkir. Belok ke kanan Asia Afrika di situ ada kantor keuangan, ada Bina Marga. Lanjut di situ ada basement alun-alun. Di belakang Kantor Pos Bandung bisa untuk parkir. Kemudian Cikapundung dan eks Matahari," ujar Asep.

Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Eko Iskandar mengatakan, Satlantas Polrestabes Bandung menyiapkan skema rekayasa lalu lintas saat uji coba penerapan BFV pekan depan. Rekayasa dilaksanakan untuk memastikan lalu lintas tetap lancar dan tidak terjadi kemacetan.

"Dari lalu lintas (Satlantas Polrestabes Bandung) sudah mempersiapkan peta rekayasa. Apabila terjadi kemacetan, kami lakukan pengalihan arus dan penutupan," kata Kasatlantas seusai rapat koordinasi di Balai Kota Bandung, Jumat (26/4/2024).

AKBP Eko Iskandar menyatakan, uji coba Jalan Braga Bebas Kendaraan akan dilaksanakan pada 4 dan 5 Mei 2024. Saat uji coba tersebut, seluruh kendaraan dilarang melintas dan parkir di sepanjang Jalan Braga.

Petugas gabungan baik dari kepolisian, TNI, Dishub Kota Bandung hingga instansi terkait lainnya akan disiapkan untuk kelancaran uji coba tersebut.

(Petugas) nanti kami menghitung. Sementara, kami menyiapkan skema rekaya lalu lintas. Ada beberapa simpul mulai di Jalan Naripan, Braga-Lembong, dan ada beberapa titik yang akan kami siapkan, ujar AKBP Eko.

Hasil uji coba Braga Bebas Kendaraan akan menjadi bahan evaluasi sebelum diterapkan secara permanen.

Kebijakan ini akan diimbangi dengan Perwal (peraturan wali kota). Karena rekayasa sifatnya permanen, nanti stepnya kami uji coba dulu. Kemudian kalau ini (BFV) memang bisa dilaksanakan, maka akan dibuatkan Perwal-nya sebagai dasar hukum, tutur dia.

Topik Menarik