9 Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia, Mulai Masjid Megah hingga Istana

9 Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia, Mulai Masjid Megah hingga Istana

Infografis | sindonews | Rabu, 8 Mei 2024 - 11:04
share

SEMBILAN peninggalan kerajaan Islam di Indonesia hingga kini masih berdiri kokoh. Kerajaan Islam mulai muncul di nusantara di sekitar abad ke-13, kemunculan Islam ini jugalah yang menyebabkan banyak kerajaan Hindu Budha mulai runtuh.

Pada masa jayanya, Kerajaan Islam di nusantara memegang posisi yang cukup penting, utamanya di sektor perdagangan rempah. Tidak hanya itu, peran para Wali atau pendakwah juga memberi warna tersendiri pada ajaran Islam di Indonesia.

Para wali ini tidak hanya mengenalkan ajaran islam, namun juga terdapat islamisasi terhadap kebudayaan. Berkembangnya kerajaan Islam pada saat itu membuat Indonesia menyimpan cukup banyak peninggalan, seperti masjid hingga istana.

9 Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia

1. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak dipercaya sebagai masjid paling tua yang ada di Indonesia. Masjid yang berada di Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, ini didirikan oleh Raden Patah, raja pertama dari Kesultanan Demak di sekitar tahun ke-15 Masehi.

2. Masjid Gedhe Kauman

Masjid raya dari Kesultanan Yogyakarta ini berada di berada di sebelah barat kompleks Alun-alun utara dari Keraton Yogyakarta. Masjid ini didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I bersama dengan Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat dan Kyai Wiryokusumo pada tahun 1773 M.

7. Keraton SurosowanKeraton yang berada di daerah Banten ini didirikan sekitar tahun 1522-1526 pada masa kekuasaan Sultan Maulana Hasanuddin. Keraton ini mirip dengan benteng Belanda yang kokoh karena sempat direnovasi selama masa pemerintahan kolonial.

8. Pemakaman Imogiri

Pemakaman ini berada di Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY. Kompleks ini dianggap suci dan keramat karena merupakan makam dari raja-raja dan keluarga raja dari Kesultanan Mataram. Makam ini didirikan pada tahun 1632 oleh Sultan Mataram III, Prabu Hanyokrokusumo.

9. Istana Maimun

Istana Maimun adalah istana Kesultanan Deli yang merupakan salah satu ikon Kota Medan. Lokasinya berada di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Surakarja, Kecamatan Medan Maimun. Pembangunan istana ini dilakukan pada tahun 1888 dan selesai pada 1891.

Topik Menarik