Apa Manfaat Coating Mobil? Ada 4 Manfaat yang Buat Mobil Tetap Kinclong

Apa Manfaat Coating Mobil? Ada 4 Manfaat yang Buat Mobil Tetap Kinclong

Otomotif | sindonews | Kamis, 25 April 2024 - 18:40
share

Apa manfaat coating mobil? Pertanyaan ini kerap ditanyakan mengingat banyaknya orang yang belum mengetahui fungsi dan manfaat dari salah satu cara perawatan body mobil ini.

BACA JUGA - Bukan Punya Kim Kardashian, Ini Cat-cat Mobil Termahal di Dunia

Coating mobil sudah bukan lagi istilah yang asing bagi para pengendara. Coating sendiri merupakan proses pemasangan lapisan khusus pada permukaan cat body mobil.

Penambahan lapisan coating ini berfungsi untuk menjaga penampilan body mobil supaya tidak cepat kusam. Umumnya coating ini dilakukan dengan memakai bahan Si02 atau silikon dioksida yang merupakan bahan baku pembuatan kaca.

4 Manfaat Coating Mobil

1. Menjaga Mobil dari Pertumbuhan Jamur

Jika mobil sering digunakan dan terkena air hujan, maka akan membuat permukaan body menjadi lembab dan rawan tumbuh jamur. Pertumbuhan parasit ini nantinya akan dapat membuat mobil semakin ringkih terhadap kerusakan dan mempercepat timbulnya karat.

Dengan menerapkan coating pada mobil akan membuat air yang jatuh ke bagian atas permukaan bodi mobil tidak akan menempel ke bagian bodi, sehingga bisa meminimalisir munculnya berbagai bercak air pada permukaan cat dan hal ini akan mencegah tumbuhnya jamur yang bisa merusak permukaan bodi mobil.

2. Mencegah Pemudaran Warna

Mobil yang sering digunakan akan membuatnya sering terpapar sinar ultraviolet dari pancaran matahari. Hal inilah yang akan membuat cat mobil lebih cepat kusam dan memudar.

Coating mobil yang mengandung anti UV seringkali jadi pilihan pengendara untuk mobilnya untuk mencegah pemudaran warna cat akibat adanya paparan sinar ultraviolet.

3. Melindungi dari Goresan

Selain melindungi cat mobil dari sinar matahari dan air hujan, coating mobil juga bermanfaat untuk membuat permukaan cat mobil menjadi lebih kuat terhadap berbagai goresan.

Pastikan menggunakan bahan coating yang berkualitas, agar hasil coatingnya bisa tahan lama dan bisa menjaga bodi mobil dari goresan. Semakin tebal lapisan coating yang diterapkan dalam bodi mobil, maka akan membuat daya tahan cat akan semakin kuat.

4. Eksterior Semakin Awet

Dari berbagai manfaat yang telah dipaparkan, seperti melindungi mobil dari jamur dan goresan tentunya akan membuat bagian eksterior mobil akan terlihat selalu seperti baru.

Efek kilap yang tahan lama inilah yang membuat bagian eksterior kendaraan semakin awet karena selalu terlindungi dari berbagai ancaman. Bahkan jika menggunakan coating mobil jenis nano ceramic, maka kilap mobil Anda bisa bertahan sampai dengan 3 tahun lamanya.

Itulah beberapa manfaat coating mobil yang perlu diketahui oleh para pengendara. Perlu dicatat, untuk melakukan pemasangan coating ini sebaiknya dilakukan oleh ahlinya.

Topik Menarik