Seleksi Mandiri Beasiswa ITS 2024 Sudah Dibuka, Tanpa Tes Tulis dan Uang Pangkal

Seleksi Mandiri Beasiswa ITS 2024 Sudah Dibuka, Tanpa Tes Tulis dan Uang Pangkal

Terkini | sindonews | Rabu, 24 April 2024 - 15:16
share

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah membuka jalur Seleksi Mandiri Beasiswa ITS 2024. Jalur ini merupakan seleksi tanpa tes tulis dan tanpa uang pangkal atau Iuran Pengembangan Institusi (IPI).

Dikutip dari laman resmi ITS, Seleksi Mandiri Beasiswa ITS ini ialah penerimaan mahasiswa baru ITS untuk menjaring pelajar berprestasi untuk kuliah di program S1 dan D4 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Surabaya, Jawa Timur.

Jalur Seleksi Mandiri Beasiswa ITS merupakan jalur tanpa tes yang seleksinya menggunakan nilai rapor dan didukung prestasi-prestasi akademik dan non akademik.

Jalur Seleksi Mandiri Beasiswa ITS terbuka untuk lulusan SMA dan sederajat tiga tahun terakhir yaitu untuk lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024.

Menariknya, peserta yang lolos jalur Seleksi Mandiri Beasiswa ITS ini hanya akan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT), tanpa uang pangkal atau Iuran Pengembangan Institusi (IPI) layaknya jalur mandiri lain.

Jadwal Seleksi Mandiri Beasiswa ITS dibuka 23 April 2024 dan akan ditutup 31 Mei 2024. Pengumuman hasil seleksinya pada 15 Juni 2024 dan dilanjutkan dengan proses daftar ulang.

Biaya pendaftaran mengikuti Seleksi Mandiri Beasiswa ITS sebesar Rp250 ribu. Namun pendaftar dengan KIP Kuliah tidak dikenakan biaya pendaftaran dengan ketentuan jurusan yang dipilih terakreditasi A atau Unggul.

Persyaratan Seleksi Mandiri Beasiswa ITS 2024

1. Sebelum mendaftar, calon peserta harus membuat akun myITS Admission untuk bisa login

2. Warga Negara Indonesia yang sudah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)

3. Tidak dinyatakan lulus jalur SNBP 2024

4. Mengikuti ketentuan dan pedoman Penerimaan Mahasiswa Baru oleh Kemendikbudristek

5. Memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan ITS, termasuk memiliki kesehatan memadai agar tidak menganggu proses studi

6. Khusus peminat jurusan S1 Desain Produk Industri, Desain Interior, dan Desain Komunikasi Visual wajib mengunggah portofolio desain saat pendaftaran

Ketentuan Prestasi Seleksi Mandiri Beasiswa ITS 2024

Seleksi akan mempertimbangkan prestasi atau penghargaan yang dibuktikan dengan dokumen prestasi seperti piagam, sertifikat, dan atau surat rekomendasi.

1. Juara tingkat provinsi, nasional dan internasional

Olimpiade SainsLomba Kompetensi SiswaKejuaraan OlahragaKompetisi Seni dan DesainLomba Karya Tulis Ilmiah

2. Penghafal Kitab Suci

3. Pengalaman Organisasi (sebagai Badan Pengurus Harian, yakni Ketua, Wakil, Sekretaris, dan Bendahara)

Ketentuan Memilih Prodi Seleksi Mandiri Beasiswa ITS 2024

1. Dapat memilih maksimal 2 prodi yang bebas terdiri dari Prodi S1 dan atau D4

2. Urutan dalam pemilihan menyatakan prioritas pilihan prodi

3. Pilihan disarankan bersesuaian dengan mata pelajaran yang pernah ditempuh di Sekolah Menengah Tingkat Atas. Program studi di ITS dikategorikan menjadi rumpun Saintek, rumpun Soshum, dan rumpun Desain.

Demikian informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru di jalur Seleksi Mandiri Beasiswa ITS 2024 yang sudah dibuka. Semoga informasi ini bermanfaat.

Topik Menarik