Profil Nathan Tjoe-A-On, Pemain Serbabisa yang Siap Kejutkan Korea Selatan U-23 di Piala Asia U-23

Profil Nathan Tjoe-A-On, Pemain Serbabisa yang Siap Kejutkan Korea Selatan U-23 di Piala Asia U-23

Olahraga | sindonews | Rabu, 24 April 2024 - 09:57
share

Nathan Tjoe-A-On sepertinya tak butuh waktu lama untuk mengambil hati penggemar sepak bola di Tanah Air. Sejak resmi berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada Maret 2024, dia dalam sekejap mampu membuat publik terpincut.

Bukan hanya mengenai pesona ketampanan Nathan yang mampu menghipnotis kaum hawa saja. Dia juga punya kelebihan dalam permainan di lapangan hijau yang membuatnya menuai decak kagum dari penggemar sepak bola di Tanah Air maupun Asia.

Tengok saja ketika penggemar sepak bola di Tanah Air bereaksi keras saat Nathan kembali ke Belanda untuk membela klub Heerenveen. Reaksi yang bisa dikatakan cukup berlebihan itu patut dimaklumi mengingat dia mampu memberikan kontribusi besar saat membawa Timnas Indonesia U-23 mengukir sejarah lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024, untuk pertama kalinya.

Penggemar sepak bola di Tanah Air tak bermaksud meremehkan kemampuan pemain Indonesia U-23 lainnya di Piala Asia U-23. Tapi peran Nathan di Skuad Garuda Muda dalam dua pertandingan terakhir cukup krusial.

Saat Nathan diminta untuk bermain sebagai gelandang bertahan untuk menggantikan peran Ivar Jenner melawan Australia. Dia mampu memvisualisasikan permintaan Shin Tae-yong di lapangan hijau.

Peran Nathan dalam mengatur permainan Indonesia U-23 dinilai sangat rapi. Dia mampu melindungi pertahanan tim dan mengatur serangan dari belakang.

Kecerdikan Nathan itulah yang membuat Indonesia U-23 mengemas hasil positif dengan mengalahkan Australia 1-0. Di laga pemungkas, Shin Tae-yong mengembalikan perannya sebagai bek kiri.

Hasilnya, Nathan sukses membawa Indonesia U-23 menang 4-1 atas Yordania, sekaligus mengunci tempat runner up Grup A dan lolos ke perempat final Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Di perempat final, Nathan mampu memberikan kontribusi besar saat Indonesia U-23 berhadapan melawan Korea Selatan U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (26/4/2024). Laga tersebut dijadwalkan berlangsung pukul 00.30 WIB.

Pada musim 2022/2023, Nathan bermain 29 kali di Eredivisie dan mencetak satu gol bersama Excelsior. Penampilan apiknya itu membuat Swansea City meliriknya.

Pada 13 Agustus 2023, Nathan dikontrak Swansea City dengan kontrak tiga tahun. Berkarier di kasta kedua Liga Inggris membuatnya tenggelam.

Luke Williams kemudian memutuskan meminjamkan Nathan ke Heerenven pada 25 Januari 2024. Nathan bergabung dengan pemain keturunan Indonesia lainnya, yakni Thom Haye di Heerenveen.

Bersama klub asal Belanda tersebut, Nathan tercatat sudah bermain sebanyak empat kali. Menurut catatan Whoscored, dari empat penampilan itu (17 menit bermain), pemain berusia 22 tahun tersebut datang dari bangku cadangan.

Topik Menarik