Selama Ramadan di Indonesia, Hayrat Yard?m Distribusikan Belasan Ribu Paket Bantuan

Selama Ramadan di Indonesia, Hayrat Yard?m Distribusikan Belasan Ribu Paket Bantuan

Nasional | sindonews | Sabtu, 20 April 2024 - 08:59
share

Hayrat Humanitarian Aid atau biasa disebut Hayrat Yardm sebagai lembaga kemanusiaan internasional yang berpusat di Turkiye telah mendistribusikan belasan ribu bantuan paket kemanusiaan di Indonesia sepanjang Ramadan 2024. Bantuan itu mulai dari paket Iftar (berbuka puasa), Food Pack atau paket sembako, dan Eid Gift yakni paket hadiah Lebaran untuk para anak yatim.

Hayrat Yardm memiliki perwakilan di lebih dari 30 negara. "Alhamdulillah, di Ramadan tahun ini kami dari Hayrat Yardm melalui Yayasan Ayasofya Center Indonesia kembali dapat ikut serta dalam mempersembahkan syiar terbaik untuk masyarakat Indonesia, kata Ketua Yayasan Ayasofya Center Indonesia sekaligus Indonesia Coordinator Hayrat Yardm Rakhmat Abril Kholis, Sabtu (20/4/2024).

Sebanyak 14.000 paket iftar, 1.000 paket sembako, dan 900 paket hadiah Lebaran alhamdulillaah telah berhasil kami distribusikan di banyak daerah di Indonesia. Mulai dari Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, NTT, hingga Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan, sambungnya.

Dia menjelaskan, hal ini tidak terlepas dari keterlibatan banyak pihak, baik pemerintah, para mitra lokal, tokoh masyarakat, hingga bapak/ibu/saudara dan adik-adik penerima manfaat. Dia menuturkan, sebaran program Ramadan kali ini pun bukan hanya menyentuh institusi pendidikan Islam seperti pondok pesantren.

Melainkan juga sekolah-sekolah umum, masjid terpencil, kampung mualaf, lembaga pemasyarakatan (lapas), lokasi 3T, hingga area kampus dan lingkungan masyarakat secara umum," pungkas Rakhmat.

Sementara itu, Presiden Hayrat Foundation Indonesia Dr. Celal AKAR mengungkapkan bahwa program Ramadan yang diselenggarakan oleh Hayrat Yardm bukan saja dilaksanakan di Indonesia, melainkan di 30 negara lainnya dengan ratusan ribu paket iftar, puluhan ribu bantuan paket makanan, dan seterusnya. Khususnya juga tahun ini program Ramadan dititikberatkan kepada saudara-saudara kita di Palestina yang sangat membutuhkan kepedulian kita, imbuhnya.

Dia menuturkan, Hayrat terus berupaya untuk mengambil beban tanggung jawab sosial ini sebagai kewajiban selaku orang yang beriman. Persaudaraan kita tidak dibatasi oleh batas-batas teritori negara dan bangsa. Alhamdulillah semua atas izin Allah, ujarnya.

Hayrat Yardm sebagai lembaga kemanusiaan internasional yang berizin dan diawasi oleh pemerintah Turkiye berjanji akan selalu berusaha untuk dapat terlibat aktif dan bekerja sama dengan pemerintah dan para mitra lokal di banyak negara untuk bersama-sama menyebarkan semangat kebaikan antar sesama. Dengan moto "Dunia Berubah dengan Kebaikan", pihaknya berharap program ini akan terus berlanjut dan semakin meluas.

Topik Menarik