Profil Nasrullo Kabirov dan Daftar Sederet Kontroversinya

Profil Nasrullo Kabirov dan Daftar Sederet Kontroversinya

Olahraga | sindonews | Rabu, 17 April 2024 - 14:28
share

Wasit Nasrullo Kabirov yang memimpin jalannya pertandingan antara Timnas Indonesia menghadapi Qatar dalam Piala Asia U-23 kini tengah jadi sosok yang paling dibenci oleh setiap penggemar sepak bola Tanah Air.

Kebencian suporter Indonesia pada wasit asal Tajikistan ini disebabkan oleh sejumlah keputusan kontroversial yang dibuat. Salah satunya adalah memberikan kartu kuning kedua pada Ivar Jenner.

Pemberian kartu kuning kedua ini dirasa tidaklah pantas lantaran Ivar tidak menyentuh sama sekali pemain lawan. Tidak hanya itu, ada pula pelanggaran untuk pemain Indonesia, tapi wasit tidak berikan tendangan bebas.

Baca Juga: Shin Tae-yong Berharap Timnas Indonesia U-23 Tak Dirugikan Wasit Lagi

Terdapat pula beberapa kontroversi lain dalam laga tersebut, seperti dianulirnya pelanggaran terhadap Marselino Ferdinan, hingga memberikan Qatar penalty ghaib.

Karena ulah wasit ini, Timnas Indonesia yang bermain dengan 10 pemain di menit ke-46 kesulitan menghadapi Qatar sehingga membuat Garuda tunduk oleh tim tuan rumah dengan skor 2-0.

Profil Nasrullo Kabirov

Nasrullo Kabirov diketahui lahir pada 5 Mei 1985 di Tajikistan. Menurut Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), wasit 38 tahun tersebut baru saja melakoni debutnya di ajang Piala Asia U-23 tahun 2024 pada laga Indonesia vs Qatar.

Menurut catatan AFC, Kabirov telah menjadi wasit Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) sejak 2013 dan memimpin pertandingan di kompetisi AFC sejak 2017.

Kabirov juga pernah ditunjuk menjadi wasit untuk pertandingan di Kualifikasi Piala Asia, Piala Asia U-17 di Thailand pada 2023, dan Piala AFC.

Sebelum menjadi pengadil dalam laga Indonesia vs Qatar, rupanya Kabirov sempat memimpin jalannya pertandingan antara Indonesia vs Kuwait pada matchday pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Namun pada laga tersebut Indonesia berhasil menang atas Kuwait dengan skor 2-1. Gol diciptakan oleh Marc Klok melalui titik putih, dan sepakan Rachmat Iriyanto.

Kontroversi Nasrullo Kabirov

Jika meninjau dari laga-laga yang pernah dipimpin oleh Nasrullo Kabirov, rupanya wasit ini memiliki rekam jejak yang cukup buruk.

Bahkan Federasi Sepak Bola Tajikistan (FFT) pernah memberikan sanksi skorsing pada Kabirov. Itu terjadi pada tahun 2015, karena dianggap tak becus memimpin pertandingan.

Tidak hanya itu, di tahun 2017 Kabirov sempat mendapat rapor D dari Komite Wasit FFT. Membuatnya kembali ditangguhkan dalam kompetisi domestik selama empat bulan lamanya.

Tidak cukup sampai disitu, Kabirov juga membuat masalah ketika memimpin pertandingan FK Khujand vs FK Fayzkand pada 2022 lalu. Wasit Tajikistan itu dianggap berat sebelah hingga membuat tuan rumah menang mutlak.

Topik Menarik