Mudik ke Jawa Tengah? Ini 6 Destinasi Wisata di Wonosobo yang Wajib Dikunjungi saat Lebaran

Mudik ke Jawa Tengah? Ini 6 Destinasi Wisata di Wonosobo yang Wajib Dikunjungi saat Lebaran

Berita Utama | sindonews | Jum'at, 29 Maret 2024 - 14:30
share

Wonosobo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, yang terkenal dengan keindahan alamnya. Jika Anda berencana mudik ke Jawa Tengah saat Lebaran , ada beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Wonosobo.

Wonosobo sendiri dikenal dengan istilah Kota di Atas Awan. Pasalnya kota ini terletak di dataran tinggi Jawa Tengah. Maka tak heran Anda dapat dengan mudah untuk menyaksikan berbagai keindahan alam yang disajikannya.

Berikut rekomendasi destinasi wisata di Wonosobo yang wajib dikunjungi saat mudik Lebaran dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/3/2024).

6 Destinasi Wisata di Wonosobo yang Wajib Dikunjungi saat Lebaran

1. Kawasan Wisata Dieng Plateau

Foto/Wikipedia

Kawasan Wisata Dieng Plateau menjadi salah satu destinasi wisata yang paling terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di sini Anda bisa menyaksikan kecantikan matahari terbit dari ketinggian 2.306 mdpl.

Tak cuma itu, Dataran Tinggi Dieng ini juga memiliki berbagai pilihan tempat wisata, seperti kawasan candi peninggalan agama Hindu, Kawah Sikidang, Telaga Warna, dan lain sebagainya.

2. Air Terjun Winong Kaliwiro

Foto/Desa Winongsari

Jika Anda ingin merasakan pengalaman wisata alam air terjun, wajib mengunjungi Air Terjun Winong Kaliwiro. Memiliki lokasi yang strategis dan akses masuk yang mudah dicapai, Anda bisa menikmati aliran air terjun yang jernih dan menenangkan.

Tempat wisata ini terletak di Desa Winong Sari, tepatnya di Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo. Selama dalam perjalanan menuju Air Terjun Winong Kaliwiro, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan Pegunungan Wonosobo. Hal ini karena air terjun ini berlokasi di kaki pegunungan.

3. Gunung Prau

Foto/Tiket.com

Tak kalah terkenalnya dengan Kawasan Wisata Dieng Plateau, Gunung Prau juga menjadi destinasi wajib bagi pecinta alam. Terletak di Kabupaten Batang, tepatnya di Temanggung, Kendal, Wonosobo, Anda bisa melihat langsung hijaunya pemandangan yang jarang ditemui di perkotaan.

Gunung Prau menjadi puncak tertinggi di dataran Dieng yang berada di ketinggian 2.590 mdpl. Anda bisa menemukan berbagai tumbuhan unik di sini seperti bunga edelweiss, kantong semar, dan lain-lain.

4. Wonoland

Foto/Wista Hits

Bagi Anda yang ingin berburu spot-spot foto menarik dan Instagramable, Anda bisa kunjungi Wonoland. Anda bisa ajak si kecil untuk berekreasi sambil mengabadikan momen selama liburan.

Terdapat berbagai spot foto yang berbeda-beda mulai dari hamparan bunga-bunga, rumah bergaya Jepang, kincir angin seperti di Belanda, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa ajak sang buah hati menunggangi kuda lho di sini.

5. Pemandian Air Panas Kalianget

Foto/Penginapan Dieng Bagus

Khusus untuk Anda yang ingin merelaksasikan tubuh dengan berendam air panas alami, Pemandian Air Panas Kalianget jadi pilihan yang pas. Tempat ini berlokasi di Jalan Dieng Nomor 114, Kalianget, Kabupaten Wonosobo.

Air dalam kolam ini mengandung kadar belerang yang tinggi, sehingga baik untuk Anda yang memiliki berbagai masalah kulit. Harga tiket masuknya dibanderol mulai dari Rp3 ribu hingga Rp5 ribu per orang.

6. Gunung Sindoro

Foto/Traveloka

Gunung Sindoro juga dikenal dengan nama Gunung Sundoro. Ini menjadi salah satu gunung volkano aktif yang terletak di Jawa Tengah, dekat dengan Kabupaten Temanggung (sebelah barat) dan Kabupaten Wonosobo (sebelah timur).

Gunung ini memiliki ketinggian puncak 3.136 mdpl. Meski membutuhkan waktu untuk mencapai bagian puncaknya, tetapi rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan indah yang langsung ke gunung dan juga pantai seperti Sumbing, Merapi, Merbabu, Ungaran, Slamet, dataran tinggi Dieng, Gunung Prau, dan pantai utara Jawa.

Topik Menarik