Pilpres Putaran Kedua, Erdogan Bangga dengan Demokrasi di Turki

Pilpres Putaran Kedua, Erdogan Bangga dengan Demokrasi di Turki

Seleb | BuddyKu | Minggu, 28 Mei 2023 - 19:05
share

ANKARA, iNews.id Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan merasa bangga dengan demokrasi yang diterapkan di negaranya. Dia pun mengharapkan tingginya partisipasi pemilih dalam putaran kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) Turki yang digelar pada hari ini.

Dia mengatakan, rakyat Turki telah menunjukkan contoh demokrasi yang bagus selama putaran pertama. Karena itu, dia menginginkan pada babak kedua pilpres ini kualitas demokrasi yang ditampilkan semakin baik lagi.

Turki menunjukkan contoh demokrasi yang bagus dengan partisipasi 90 persen populasi (pemilih di putaran pertama). Saya yakin negara akan melakukan hal yang sama hari ini, kata Erdogan kepada wartawan, Minggu (28/5/2023).

Pemungutan suara untuk putaran kedua pilpres di Turki diadakan pada hari ini. Tempat pemungutan suara (TPS) mulai dibuka di seluruh negeri itu sejak pukul 08.00 pagi waktu Istanbul (12.00 WIB). Pada putaran kedua ini, Erdogan berhadapan dengan calon presiden dari kubu oposisi, Kemal Kilicdaroglu.

Hasil putaran pertama pilpres yang digelar dua pekan lalu menunjukkan, Erdogan memenangkan 49,52 persen suara. Sementara Kilicdaroglu menganongi 44,88 persen suara. Adapun partisipasi pemilih kala itu mencapai lebih dari 88 persen.

Untuk memenangkan pilpres di Turki, seorang kandidat harus mampu meraup suara mayoritas mutlak (di atas 50 persen).

Topik Menarik