4 Hal Unik di SEA Games 2023 Kamboja, Bendera Indonesia Dikibarkan Terbalik hingga Sekolah Diliburkan Sebulan

4 Hal Unik di SEA Games 2023 Kamboja, Bendera Indonesia Dikibarkan Terbalik hingga Sekolah Diliburkan Sebulan

Seleb | BuddyKu | Senin, 8 Mei 2023 - 20:08
share

JAKARTA, celebrities.id - Sejumlah hal unik di SEA Games 2023 Kamboja menarik untuk diulas. Banyak kejadian lucu dan aneh selama gelaran pesta olahraga se-Asia Tenggara itu.

SEA Games merupakan pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara. Ajang ini biasanya diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan diikuti oleh 11 Negara Kawasan Asia Tenggara. Setelah sukses diadakan di Vietnam pada periode lalu, kini Kamboja menjadi tuan rumah ajang SEA Games 2023 untuk pertama kalinya sejak 1959.

Baru-baru ini SEA Games 2023 sedang ramai diperbincangkan. Kejadian unik terjadi selama berlangsungnya ajang besar tersebut, seperti Bendera Indonesia yang terbalik hingga penyerahan medali bermodalkan lampu mobil.

Hal Unik di SEA Games 2023 Kamboja

Bendera Indonesia Terbalik

Pada pre-opening ceremony SEA Games 2023 pada Jumat (5/5/2023) itu memperlihatkan beberapa bendera Indonesia yang dibawa oleh penari lokal Kamboja terlihat terbalik menjadi putih-merah. Momen itu terekam dalam video bahwa salah satu penyanyi kamboja tampil yang diiringi dengan penari yang membawa bendera peserta-peserta SEA Games 2023.

Dengan demikian, Tuan Rumah SEA Games 2023 ini juga telah meminta maaf atas kejadian tersebut.

Semuanya Gratis

Komite Organisasi SEA Games Kamboja (CAMSOC) telah menggratiskan seluruh penyelenggaraan SEA Games tahun ini. Kebijakan tersebut berlaku untuk menggratiskan tiket nonton, akomodasi delegasi negara para peserta, sampai hak siar media.

Sekolah Diliburkan hingga Sebulan

Selain menggratiskan seluruh penyelenggaraan, Pemerintah Kamboja juga memberi perintah kepada sekolah yang berada di kawasan Phnom Penh untuk libur hingga satu Bulan.

Hal tersebut dilakukan karena Pemerintah khawatir nantinya akan menimbulkan kemacetan dan menghambat gelaran SEA Games 2023. Namun dengan demikian, kebijakan ini ditentang oleh sekolah-sekolah internasional.

Podium Sederhana dan Menggunakan Lampu Mobil

Kejadian menarik ini juga terjadi pada SEA Games 2023 di Kamboja. Karena penyerahan medali tersebut terjadi di malam hari dan panitia menyiapkan lampu penerangan, penyematan medali juara akhirnya menggunakan penerangan lampu dari mobil.

Topik Menarik