SEA Games: Pecah Telur, Karateka Sandi Firmansah Raih Emas Perdana Di Kamboja

SEA Games: Pecah Telur, Karateka Sandi Firmansah Raih Emas Perdana Di Kamboja

Seleb | BuddyKu | Minggu, 7 Mei 2023 - 17:04
share

AKURAT.CO, Penantian Sandi Firmansah meraih emas SEA Games akhirnya berakhir. Karateka Indonesia itu untuk kali pertama berhasil membawa pulang medali emas pesta olahraga se-ASEAN tersebut di Phnom Penh, Kamboja.

Tampil di kelas kumite -84 kilogram, Sandi mampu mengamankan medali emas usai mengalahkan karateka asal Filipina, Ivan Christopher Chanco Agustin, di Chroy Changvar International Convention and Exhibition Center, Phnom Penh, Kamboja, pada Minggu (7/5).

Ini menjadi medali kedua yang disumbangkan oleh tim karate Indonesia di SEA Games Kamboja 2023. Sebelumnya ada Ahmad Zigi Zaresta Yuda dari nomor kata perorangan putra sehari sebelumnya.

Namun bagi Sandi pribadi, ini adalah emas pertamanya sejak debut di SEA Games pada 2017 lalu di Kuala Lumpur Malaysia.

"(Emas) ini sangat penting buat saya. Ini adalah SEA Games keempat, dan baru kali ini saya menang emas. Dari (debut) 2017," ujar Sandi Firmansah usai bertanding.

"Waktu di Vietnam (SEA Games Hanoi 2021) perak. Di Malaysia, dua perunggu dan di Filipina (SEA Games Manila 2019) satu perunggu. Ini alhamdulillah pecah."

Keberhasilan Sandi Firmansah meraih emas sendiri tidak mudah. Ia hanya menang tipis 1-0 atas Ivan Christopher Chanco Agustin dari Filipina dalam duel berdurasi tiga menit.

Selama pertarungan, baik Sandi maupun sang lawan bermain sangat aman dan enggan menyerang lebih dulu. Namun, strategi itu nyatanya membuahkan hasil dan dia berhasil menggondol emas.

"Sama saja mau 1-0, 9-0, yang penting sama-sama menang. Strategi kami memang seperti itu, harus sabar," terang Sandi Firmansyah.

"Pertandingan tadi cukup awalnya cukup keras, tapi pada final saya sudah dapat feeling yang enak, dan mulai tampil lepas."

Selain Sandi Firmansyah, tim karate Indonesia juga menyumbangkan enam medali lain dari kelas kumite. Jumlah itu terdiri dari dua medali perak dan empat medali perunggu.

Perak dicatatkan atas nama Ari Saputra (-60 kilogram putra) dan Cok Istri Agung Sanistrayani (-55 kilogram putri).

Sementara empat medali perunggu masing-masing disumbangkan oleh Ignatius Joshua Kandou (-75 kilogram putra), Dessyinta Rakawuni Banurea (+68 kilogram putri), Tebing Hutapea (-67 kilogram putra), dan Ceyco Georgia Zefanya (+68 kilogram putri).[]

Liputan SEA Games Akurat.co didukung oleh BNI, MIND ID, dan Telkomsel.

Topik Menarik