Mall Kelapa Gading Milik Siapa? Ini Dia Orangnya

Mall Kelapa Gading Milik Siapa? Ini Dia Orangnya

Seleb | BuddyKu | Sabtu, 25 Maret 2023 - 13:35
share

JAKARTA- Mall Kelapa Gading milik siapa? Ini dia orangnya menarik untuk dibahas. Pusat perbelanjaan ini berdiri pada tahun 1990 dengan nama Kelapa Gading Plaza. Kemudian berganti nama menjadi Mall Kelapa Gading pada tahun 1995.

Mall Kelapa Gading berdiri diatas tanah seluas 150.000 m2 yang dikembangkan oleh PT Summarecon Agung Tbk. Adapun berlokasi di Sentra Kelapa Gading, Jakarta Utara ini menjadi pusat fashion, food, dan entertainment masyarakat modern.

Tidak sedikit yang bertanya Mall Kelapa Gading milik siapa? Ini dia orangnya.

Mall Kelapa Gading adalah milik Soetjipto Nagaria seorang pengusaha perusahaan properti PT Summarecon Agung Tbk. Perannya dalam mengelola Mall Kelapa Gading patut mendapat acungan jempol. Hingga saat ini Mall Kelapa Gading sukses meraup untung miliaran rupiah.

Soetjipto Nagaria masuk jajaran konglomerat pemilik mall mewah di Indonesia. Ia sempat masuk daftar 50 orang terkaya di Indonesia urutan ke 50 versi Forbes tahun 2015. Total kekayaannya pada saat itu mencapai USD 400 juta atau senilai Rp 6 triliun.

Soetjipto Nagaria memiliki nama asli Liong Sie Tjien. Ia menghabiskan masa kecilnya dari TK hingga SMA dengan bersekolah di Sekolah PA HOA atau Tiong Hoa WHE Koan School yang terletak di Jakarta Barat.

Sekolah PA HOA atau Tiong Hoa WHE Koan School merupakan sekolah khusus orang Tiong Hoa pertama yang berdiri sejak zaman kolonial belanda. Setelah lulus, Soetjipto Nagaria melanjutkan kuliah di ITB Bandung jurusan Teknik Kimia dan tahun 1964.

Kesuksesan Soetjipto Nagaria tidak lepas dari sang ayah. Sejak lulus dari ITB, Soetjipto Nagaria bekerja di pabrik cat. Ayah Soetjipto Nagaria menyarankannya untuk membangun perusahaannya sendiri.

Akhirnya Soetjipto Nagaria membangung perusahaan properti bersama teman-temannya. Ia awalnya membeli tanah dan membangun rumah di daerah Tebet, Kemang, Jakarta Selatan. Kemudian Soetjipto Nagaria membangun rumah mewah dengan nama Kelapa Gading.

Setelah bisnis propertinya sukses lahirlah perusahaan PT Summarecon Agung Tbk. Sejak saat itu bisnis Soetjipto Nagaria meningkat 100% setiap tahunnya.

(RIN)

Topik Menarik