Hari Ketiga Libur Lebaran, Ribuan Wisatawan Kunjungi Pantai Gemah Tulungagung

Hari Ketiga Libur Lebaran, Ribuan Wisatawan Kunjungi Pantai Gemah Tulungagung

Seleb | celebrities.id | Rabu, 4 Mei 2022 - 17:40
share

TULUNGAGUNG, celebrities.id - Ribuan wisatawan memadati Pantai Gemah yang berada di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung di hari ketiga lebaran. Mereka berdatangan dari berbagai daerah menggunakan sejumlah kendaraan bermotor ke pantai yang berada di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kabupaten Tulungagung ini.

Pantauan MPI Portal di Pantai Gemah sejak Rabu (4/5/2022) siang sekitar pukul 11.30 WIB, puluhan kendaraan bermotor yang didominasi mobil pribadi dan sepeda motor terus berdatangan. Banyaknya kendaraan membuat antrean di pintu masuk tiket mengular hingga ke JLS sepanjang hampir 250 meter.

Guna memecah antrean kendaraan yang masuk petugas membagi kendaraan ke dua pintu masuk. Mobil pribadi diarahkan menuju pintu masuk dua, sedangkan pintu masuk diperuntukkan untuk kendaraan besar seperti bus dan elf, serta sepeda motor.

Tetapi banyaknya kendaraan yang datang membuat antrean tak terhindarkan. Petugas pembelian tiket pun dibuat kewalahan dengan antrean wisatawan yang masuk ke Pantai Gemah. Harga tiket masuk yang murah sebesar Rp8 ribu per orang, membuat pantai yang berada di Desa Keboireng ini menjadi destinasi favorit wisatawan.

Banyaknya wisatawan yang masuk membuat, area parkir pantai pun dipenuhi kendaraan. Bahkan beberapa mobil terpaksa harus diparkir di bagian depan area wisata pantai.

Pengunjung disuguhi keindahan panorama pantai yang menghadap langsung ke Laut Selatan Jawa ini. Selain pemandangan lautan, wisatawan dapat menikmati sejumlah permainan mulai dari trekking menggunakan mobil ATV, berkuda, berpetualangan dengan perahu yang disewakan warga, hingga bermain outbond berupa seluncuran dari bukit yang ada di timur pantai ke bibir pantai.

Banyaknya juga pengunjung yang hanya menggelar tikar sambil bersantai dengan keluarga, sekedar makan dan berkumpul di pinggir pantai. Beberapa wisatawan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa ada yang bermain dengan pasir pantai di bibir pantai. Dengan tetap diawasi petugas penjaga pantai, wisatawan tampak menikmati keindahan pantai.

Koordinator Pos Tiket Pantai Gemah Fredi Wicaksono mengatakan, wisatawan sudah berdatangan ke Pantai Gemah sejak hari H lebaran atau pada Senin (2/5/2022). Dirinya memperkirakan di H+2 lebaran ini ada setidaknya 5.000 pengunjung yang masuk hingga Rabu siang.

"Perkiraan antara 3.000-5.000 pengunjung, ini naik 30-50 persen dibandingkan hari-hari normal saat pandemi Covid-19. Kapasitas penuh Pantai Gemah sekitar 10.000 pengunjung," ujar Fredi.

Menurutnya, pengunjung di libur lebaran tahun ini merupakan yang teramai selama masa pandemi Covid-19. Meski demikian, pengelola sengaja tak menaikkan tarif tiket masuk dan tiket parkir untuk menarik wisatawan dan menggeliatkan roda perekonomian di pantai yang dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Gemah Desa Keboireng.

"Tarif tetap nggak ada kenaikan, masuk Rp8.000 sama asuransi, untuk parkir tetap sepeda motor Rp2.000, mobil pribadi Rp5.000, dan Rp10.000 untuk bus. Yang penting perputaran ekonomi jalan, baru kali ini ramai biasanya karena Covid-19 dan pembatasan itu sepi," tuturnya.

Topik Menarik